Belum Ada Fatwa dari MUI, Dinkes Yakin Vaksin MR Aman

Vaksin Meases Rubella (MR) siap menjangkau balita di posyandu. Sasaran balita atau anak usia di bawah lima tahun ini akan mulai digarap September 2017 ini

Vaksin Meases Rubella (MR) siap menjangkau balita di posyandu. Sasaran balita atau anak usia di bawah lima tahun ini akan mulai digarap September 2017 ini

POJOKJABAR.com, BEKASI – Dinas Kesehatan Kota Bekasi akan terus melakukan imunisasi vaksin MR (Measles-Rubbela) atau Campak dan Rubella di Kota Bekasi. Walaupun diakui belum adanya fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait dengan halal atau tidaknya vaksin MR yang digunakan untuk imunisasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati mengatakan,pihaknya berpegang pada informasi yang ia peroleh.

“Kalau kita tetap berpegang pada informasi bahwa unsur yang ada di dalam vaksin MR adalah vaksin yang layak. Dan salah satunya vaksin yang diakui oleh WHO (World Health Organization) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di Indonesia,” kata Dezi.

Dirinya mengakui belum ada sertifikasi halal dari pihak terkait mengenai vaksin tersebut. Tapi, dari informasi yang ia terima, tidak ada unsur babi di dalam vaksin tersebut.

“Masalah sertifikasi memang masih dalam proses. Tapi informasi penyedia tidak ada unsure babi di dalamnya,” ungkapnya.

Ia sempat mengakui kalau persoalan halal dan tidaknya vaksin kerap menjadi persoalan di lapangan ketika pihaknya hendak melakukan imunisasi di sekolah. “Kalau dilihat dari keterangan BPOM isi vaksin itu sendiri halal,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Radar Bekasi, target vaksinasi MR di Kota Bekasi sudah mencapai 90 persen. Dinkes Kota Bekasi akan terus melakukan vaksinasi kepada anak usia 9 bulan sampai usia 15 tahun hingga tanggal 14 Oktober mendatang.

Berdasarkan data UNICEF, Kota Bekasi merupakan daerah kedua se Pulau Jawa yang cakupan vaksinasi MR nya terendah ke dua sampai dengan 9 Oktober 2017 lalu setelah Depok.

(neo)



loading...

Feeds

persikad-depok

Persikad Depok Turun Kasta ke Liga 3

POJOKJABAR.com, DEPOK – Persikad Depok bak jatuh tertimpa tangga. Setelah kepemilikannya berpindah-pindah, informasi teranyar tim berjuluk Serigala Margonda itu terdegradasi …