Unit Reaksi Cepat Dinas Kesehatan Kota Bekasi Permudah Akses Pelayananan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Kusnanto Saidi (kiri) dan pelayanan URC Puskesmas Mustikajaya. | Foto: Istimewas

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Kusnanto Saidi (kiri) dan pelayanan URC Puskesmas Mustikajaya. | Foto: Istimewas

Dinas Kesehatan Kota Bekasi terus fokus pada peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Unit Reaksi Cepat (URC) salah satu upaya peningkatan kinerja pelayanan kesehatan  di Kota Bekasi yang dibentuk Dinas Kesehatan Kota Bekasi ini.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi membentuk URC hingga tingkat puskesmas untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan pada masyarakat Kota Bekasi yang membutuhkan penanganan segera.

‘’URC tingkat puskesmas adalah bentuk layanan jemput bola setiap mendapat informasi dari masyarakat,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Kusnanto Saidi, Minggu (13/8/2017).

Kusnanto menjelaskan, Dinas Kesehatan Kota Bekasi kini sudah memiliki 39 URC tingkat puskesmas. Setiap puskesmas memiliki URC yang informasinya terintegrasi ke Dinas Kesehatan langsung.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi

Masyarakat yang membutuhkan saat mendapatkan pelayanan kesehatan dari URC Puskesmas Bojongmenteng.

‘’URC tergabung dalam WA grup puskesmas. Tergabung di dalamnya unsur tokoh masyarakat dan para stakeholder serta unsur LSM kesehatan dan Karang Taruna yang membantu menginformasikan kebutuhan warga untuk layanan masyarakat, baik layanan dasar maupun layanan rujukan ke RS,’’ kata Kusnanto.

Ditegaskan Kusnanto, tujuan grup WA  mempercepat dan mempermudah layanan masyarakat dan peran puskesmas sebagai promotif dan preventif bisa berjalan ke masyarakat.

Kusnanto mencontohkan bagaimana pada saat Minggu siang ada salah satu masyarakat di Mustikajaya yang membutuhkan segera pelayanan kesehatan. Tak cuma petugas URC yang terjun secara cepat untuk penanganan kesehatan, kepala Puskesmas Mustikajaya pun sampai turut terjun menangani langsung masyarakat yang sakit.

‘’Hari ini (Minggu-Red) bukti nyata, Puskesmas Mustikajaya telah melaksanan URC dengan baik,’’ kata Kusnanto.

Kusnanto mengakui, tentunya masih banyak kekurangan atas kehadiran URC ini. Namun, Dinas Kesehatan Kota Bekasi meyakini punya misi dan visi yang sama, yakni melayani dengan sepenuh hati.

(adv/kan/pojoksatu)


loading...

Feeds

[14:51, 12/12/2017] Dhoni Pojoksatu. id: BNN Musnakan Ladang Ghat  di Bogor

BNN Musnakan Ladang Ghat yang “Ngumpet” di Bogor

POJOKJABAR.com, Bogor– Keberadaan ladang ghat tanaman yang mengandung zat cathinone kembali dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. Direktorat Narkotika Deputi Peberantasan pada …