PPDB di Bekasi Sisakan 444 Bangku Kosong

Ilustrasi PPDB Online.

Ilustrasi PPDB Online.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Ditutupnya proses pendaftaran ulang pada PPDB Daring (Online) tingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) tahun 2017 di Kota Bekasi, tidak serta merta menyelesaikan proses penerimaan peserta didik baru.

Pasalnya, proses PPDB Daring tersebut masih menyisakan 338 bangku kosong di SMP Negeri se – Kota Bekasi. Karena, 338 siswa PPDB Daring tidak melakukan daftar ulang.

Dengan demikian, daya tampung pada PPDB Daring 2017 belum terpenuhi. Apalagi daya tampung PPDB Daring diketahui berjumlah 15.360 siswa/siswi untuk 49 SMP Negeri se Kota Bekasi.

Jika dijumlahkan dengan 56 bangku di SMP Negeri I Kota Bekasi, maka PPDB Daring di Kota Bekasi menyisakan 444 bangku yang kosong.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi mengatakan, untuk 56 bangku kosong di SMP Negeri 1 Kota Bekasi, dilakukan seleksi secara manual. Dan, prosesnya saat ini sudah berjalan.

“Yang diterima di SMP Negeri itu yang belum pernah diterima sekolah manapun. Mereka juga harus seleksi raport, artinya yang daftar disitu khusus untuk wilayah Bekasi Timur yang belum diterima disekolah manapun. Nanti nilai mereka akan tetap diadu lagi, sampai angka mencapai 56 orang,” terang Ali.

Namun, lanjutnya, untuk mengisi 338 bangku kosong yang baru diketahui setelah ditutupnya proses daftar ulang, berbeda dengan di SMP Negeri 1 Kota Bekasi. Untuk di SMP Negeri lain itu diutamakan bagi warga yang tinggal di sekitar sekolah.

“Kalau SMP Negeri 1 kan untuk wilayah Bekasi Timur, sementara untuk sekolah lain, seperti SMP Negeri 2, SMP Negeri 3 dan seterusnya, mereka yang diprioritaskan adalah siswa yatim piatu, kedua siswa afirmasi di lingkungan sekolah, mulai tingkat RT dan RW, dan yang ketiga baru zonasi. Kalau dari kuotanya ada dua orang, ya itu di ranking lagi,” ujar Ali.

Adapun proses pendaftaran untuk bangku kosong tersebut, tambah Ali, akan dibuka hari ini, Sabtu (15/7/2017) sampai dengan Minggu (16/7/2017). Dan, daftar ulang seleksi manual itu akan dilakukan bersamaan dengan penutupan pendaftaran.

“Artinya, ada panitita sekolah, kemudian mereka menyampaikan kepada masyarakat terutama kepada RT dan RW yang ada di sekitar sekolah, terus dilakukan verifikasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah pendaftar pada PPDB Daring SMP Negeri se Kota Bekasi, jumlahnya mencapai 24.303 dari 42.989 siswa lulusan Sekolah Dasar.

(neo)



loading...

Feeds