Ribuan Warga Kabupaten Bekasi Masih Buta Huruf

Dua perempuan sedang membaca buku di Perpustakaan Islami di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kamis (18/5). Hingga kini ada ribuan warga yang tidak bisa baca tulis.Foto:Ariesant/Radar Bekasi

Dua perempuan sedang membaca buku di Perpustakaan Islami di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kamis (18/5). Hingga kini ada ribuan warga yang tidak bisa baca tulis.Foto:Ariesant/Radar Bekasi

POJOKJABAR.com, CIKARANG UTARA – Di Kabupaten Bekasi, hingga kini masih banyak warga yang tidak bisa baca tulis atau buta huruf. Usia mereka rata-rata lebih dari 40 tahun dan tersebar di tiap kecamatan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Sri Riyanti, enggan menyebut jumlah warga buta huruf. Namun menurutnya, hingga kini masih ada ribuan warga yang tidak bisa baca tulis.

”Kalau di Kabupaten Bekasi dalam angka jumlah keaksaraan fungsional sekitar ribuan orang,” katanya.

Sri mengklaim setiap tahun pihaknya melakukan pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat buta huruf. Pembinaan dilakukan hanya untuk 750 orang. Alasannya, kata dia, karena keterbatasan anggaran.

”Memang angka masyarakat buta huruf di Kabupaten Bekasi dalam angka sesuai data Badan Penelitian Statistik (BPS) mencapai ribuan, namun sesuai versi kita melakukan pendataan ke lapangan tidak terlalu banyak,” katanya.

Menurut Sri, ada penurunan jumlah warga buta huruf. Kata dia, itu bisa dilihat dari sedikitnya jumlah masyarakat yang ikut ujian paket A setara dengan SD.

”Untuk tahun ini masyarakat yang ikut paket A 100 orang, paket B 800 orang, dan paket C 2.000 orang. Jadi kami meyakini semakin sedikitnya masyarakat ikut paket A menjadi tolok ukur kalau yang buta huruf menurun,” ujarnya.

(and)


loading...

Feeds

[14:51, 12/12/2017] Dhoni Pojoksatu. id: BNN Musnakan Ladang Ghat  di Bogor

BNN Musnakan Ladang Ghat yang “Ngumpet” di Bogor

POJOKJABAR.com, Bogor– Keberadaan ladang ghat tanaman yang mengandung zat cathinone kembali dibongkar Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. Direktorat Narkotika Deputi Peberantasan pada …