Kampanye Hitam Tak Berlaku di Jabar

Pilgub Jabar.

Pilgub Jabar.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Kampanye hitam dan isu agama yang sempat mewarnai Pilgub DKI Jakarta diyakini tidak akan menjalar ke Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018. Pasalnya, perbedaan kepentingan politik di suatu daerah akan menutup penyebaran isu primordialisme.

Akademisi Unisma Bekasi, Harun Alrasyid, mengatakan pertarungan politik di ibu kota sudah menyedot perhatian bangsa. Menurutnya, isu agama dan kampanye hitam di pesta demokrasi secara tidak langsung sudah menyadarkan masyarakat bahwa dalam dunia politik semua bisa terjadi.

“Meski track record dari kinerja dan personalitinya bagus akan mengkhawatirkan jika dua cara itu digunakan,” ujar Harun.

Menurut Harun, cara curang tersebut tidak akan berlaku di Pilgub Jawa Barat. Karena kata dia, isu agama dan kampanye hitam tidak begitu kental terjadi di Jawa Barat.

“Melihat dari nama-nama yang sudah santer mereka beragama mayoritas (Islam). Jadi tidak ada tekanan isu agama,” katanya.

Harun mengakui bahwa penggunaan isu agama maupun primordialisme merupakan cara ‘cantik’ untuk menurunkan suara lawan. Hal ini juga masih berlaku di negara besar seperti Amerika Serikat.

“Isu agama bagian yang paling mudah untuk menarik masyarakat. Keterikatan kedaerahan juga turut mempengaruhi. Yang jelas, DKI Jakarta tidak bisa menjadi korelasi ke daerah lain,” ucapnya.

(yay)



loading...

Feeds

MEGAH: Pabrik semen milik PT SCG terus mendapat sorotan lantaran banyak dugaan pencemaran lingkungan. DOKUMENTASI RADARSUKABUMI

Tindak Tegas PT SCG Sukabumi

Bila perlu bikin Panitia Khusus (Pansus). Dan selama pembahasan, pihak perusahaan tidak boleh melakukan kegiatan pertambangan,
Tagih-Janji-Camat

Warga Kabupaten Bogor Tagih Janji Camat

Desakan warga agar camat Citeureup mengundurkan diri semakin menguat. Senin (24/04/2017), warga yang diwakili para pemuda yang dalam aliansi masyarakat …