36 Ribu Warga Bekasi Ber-KTP Ganda

Warga tengah melakukan perekaman E-KTP di kantor Disdukcapil Kota Bekasi, kemarin. Sebanyak 36 ribu warga Kota Bekasi tercatat Ber-KTP ganda.Foto:Ariesant/Radar Bekasi

Warga tengah melakukan perekaman E-KTP di kantor Disdukcapil Kota Bekasi, kemarin. Sebanyak 36 ribu warga Kota Bekasi tercatat Ber-KTP ganda.Foto:Ariesant/Radar Bekasi

POJOKJABAR.com, BEKASI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mencatat, sebanyak 36 ribu warga Kota Bekasi memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda. Hal ini diketahui saat warga melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Erwin Effendi mengatakan, identitas ganda banyak di temukan saat warga melakukan perekaman. Dari data yang di miliki Disdukcapil sebanyak 36 ribu warga di Kota Bekasi memiliki identitas ganda.

Banyak motif warga nekat berusaha memiliki kartu identitas lebih dari satu dengan alamat yang berbeda. Salah satunya, motif membuat Kartu Keluarga (KK) dengan satu identitas, namun dengan dua alamat. Setelah di telusuri, warga yang nekat memiliki identitas ganda untuk keperluan administrasi secara legalitas untuk berpoligami tanpa sepengetahuan istri pertama.

“Mereka nekat buat identitas ganda, karena poligami, di KK pertama ada nama istri dan anak, kemudian nikah lagi dan harus punya KK juga, saat di cek Nomer Induk Kependudukan (NIK) sudah ada namanya tapi ngotot untuk bikin lagi, dengan satu nama dan NIK yah gak bisa,” kata Erwin saat di temui Radar Bekasi.

Erwin bercerita, pernah sepasang suami-istri adu mulut di kantornya di Jalan Ir. Juanda. Lantaran saat akan melakukan perekaman sudah tidak bisa, karena terus memaksa, akhirnya petugas memberikan data tersebut yang ternyata nama pemohon sudah terdaftar di daerah DKI Jakarta lengkap dengan nama istri dan anaknya.

Sedangkan wanita yang datang bersamanya ke kantor Disdukcapil, ternyata istrinya pemohon. Karena merasa tidak terima suaminya menikah lagi, akhirnya terjadi keributan di depan loket.

“Pemohon akan melakukan perekaman e-KTP, ternyata dia sudah bikin di Jakarta dan statusnya menikah dengan wanita lain, jadi rame akhirnya di kantor,” tutur Erwin



loading...

Feeds

Cindy Clara

Penyakit Aneh Ini Serang Si Cantik Clara

Kekiniannya penyakit aneh terus menyerang manusia. Seperti Cindy Clara, perempuan yang tinggal di Cimanggis ini menjadi kurus seketika. Padahal, perempuan …