Pejabat dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Jadi Saksi Sidang Korupsi Incinerator

Hakim menolak seluruhnya gugatan anak terhadap sang ibu di Garut (iliustrasi)

Hakim menolak seluruhnya gugatan anak terhadap sang ibu di Garut (iliustrasi)

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan incinerator dengan terdakwa mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi Muharmansyah Boestari (MSB) kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Rabu (2/11/2016). Agenda sidang kali ini yakni pemanggilan sejumlah saksi.

Dari beberapa saksi yang hadir, di antaranya ada dua pejabat Kabupaten Bekasi dan satu anggota DPRD Kabupaten Bekasi.
Mereka adalah Inspektorat Kabupaten Bekasi Eka Supriatmadji, Kasubag Keuangan Dinkes Kabupaten Bekasi Wawan Hernawam dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Taih Minarno.

Ketiga saksi itu dimintai keterangan secara bersama-sama di hadapan Majelis Hakim PN Tipikor Bandung.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Cikarang, Aditya Rakatama, mengatakan keterangan saksi yang disampaikan di pengadilan sesuai dengan yang diterima kejari saat memeriksa ketiga pejabat tersebut.

“Nggak ada (yang tidak sesuai), semua sesuai BAP, mereka memberikan keterangan apa yang sudah diperiksa pada saat penyidikan,” ujarnya.

Disinggung adanya peningkatan status dari saksi menjadi tersangka, lelaki yang akrab disapa Raka ini mengatakan tidak ada.

“Yang jelas berdasarkan keterangan tadi juga tidak ada,” imbuhnya.

Setelah memanggil saksi dari kalangan eksekutif dan legislatif, agenda persidangan selanjutnya adalah memanggil saksi ahli terkait kasus dugaan korupsi pengadaan mesin penghancur limbah medis ini. Saksi ahli yang akan dihadirkan berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Kami renacananya minggu depan memanggil ahli dari LKPP. Yang jelas dari LKPP, sudah konfirmasi dari LKPP, yang dua dari BPKP dan Kementerian Kesehatan belum (konfirmasi),” ungkapnya.

Terlepas dari pemanggilan saksi, kondisi terdakwa MSB terlihat membaik disbanding sebelumnya. Jika sebelumnya ia mengikuti sidang di atas kursi roda, kemarin, ia hadir di sidang lanjutan tanpa menggunakan kursi roda dan sudah bisa berjalan. (neo)


loading...

Feeds