Komisi C Akan Panggil Pemilik Apartemen

Lili Anggraeni.

Lili Anggraeni.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Komisi C DPRD Kota Bekasi mengkritisi adanya sejumlah apartemen yang melanggar dan menyalahi peruntukan, di antaranya membisniskan sewa apartemen. Oleh karena itu, komisi yang membidangi anggaran tersebut berencana memanggil pemilik apartemen di Kota Bekasi.

“Kami sudah banyak mendengar tentang apartemen-apartemen yang disewakan layaknya hotel, namun mereka itu karena dioperasionalkan secara pribadi, sehingga tidak kena pajak. Makanya kami akan mengundang para pemilik apartemen yang sudah beroperasi, guna mempertanyakan apakah benar disewakan,” ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Bekasi, Machrul Falak Hermansyah.

Kata Machrul, pihaknya juga akan mengkaji peraturan yang ada terkait apartemen termasuk sanksi jika ada pelanggaran operasional, terutama yang berkaitan dengan pajak.

“Tugas kami kan hanya mengawasi pendapatan dan anggaran. Makanya, kami dari Komisi C akan mengundang para pemilik apartemen berkaitan dengan pajak daerah,” terang politisi Golkar ini.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi C dari Fraksi PPP, Lili Anggraeni. Menurutnya, operasional apartemen yang disewakan layaknya hotel itu harus tetap di bawah manajemen apartemen, jangan dikelola pribadi.

“Kalau dikelola oleh manajemen apartemen kan bisa diatur pajak untuk pemasukan daerah. Yang terjadi sekarang, apartemen disewakan oleh personal. Jelas kondisi ini kan menimbulkan persaingan tidak sehat, terutama dengan pengelola hotel,” ucapnya.

Ditambahkan Lili, apartemen di Kota Bekasi juga banyak yang dijadikan ajang transaksi narkoba dan prostitusi.

“Saya sepakat agar Pemkot Bekasi segera menertibkan pengelolaan apartemen. Jadi misinya bukan hanya peningkatan PAD saja, tapi juga harus selaras dengan visi menjadikan Kota Bekasi Maju, Sejahtera, dan Ihsan,” tandas lili.

Sekadar diketahui, sedikitnya 22 apartemen yang berdiri di Kota Bekasi. Saat ini, ada beberapa yang sudah berdiri dan dihuni. Misalnya apartemen Center Point dan apartemen Mutiara di Jalan Ahmad Yani.

27,206 unit apartemen ditawarkan sejak tahun 2013 lalu. Namun, sebagian besar masih dalam tahap pengurusan izin dan pembangunan. Apartemen tersebut tersebar di berbagai titik strategis Kota Patriot, antara lain:

Mutiara Apartemen, Centerpoint Bekasi, Kemang View Apartemen, Thamrin District, Indigo Apartment, Apartemen Grand Cut Muetia, Apartemen Sutan Raja, Apartemen Tamansari Iswara, Middle Apartemen, Apartemen Prima Orchard Bekasi, Apartemen Grand Icon, Tower 88, Grand Dhika City (Adhi Property), Apartemen Bekasi Central, Apartemen The SpringLake Summarecon Bekasi, Bintara Residance, Apartemen City Terrace, Lagoon Resort Apartemen, Apartemen Kali Malang, Apartemen BTC Residence, Apartemen M-Gold Tower, Apartemen Metropolitan Park.

Kebanyakan apartemen yang tercantum di atas masih sedang dalam proses perizinan. (sar)


loading...

Feeds