Tokoh Masyarakat Kota Bekasi Pilih Tumbuh Kebersamaan

SEMANGAT PANCASILA: Sejumlah tokoh Masyarakat dan tokoh agama foto bersama, usai melakukan rapat persiapan deklarasi gema Pancasila, Selasa (1/11/2016) kemarin.FOTO:ANDI/RADAR BEKASI

SEMANGAT PANCASILA: Sejumlah tokoh Masyarakat dan tokoh agama foto bersama, usai melakukan rapat persiapan deklarasi gema Pancasila, Selasa (1/11/2016) kemarin.FOTO:ANDI/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, BEKASI – Kecintaan terhadap Pancasila bagi generasi muda saat ini mulai memudar. Hal ini dibuktikan, dengan banyaknya masyarakat yang menodai nilai Pancasila. Bahkan, tidak sedikit remaja tidak hafal dengan Sila Pancasila.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) mengaku prihatin. Mereka khawatir, jika ke depan nanti generasi muda tidak lagi mengenal Pancasila yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia.

Ketua Nadhlatul Ulama (NU) Kota Bekasi Zamaksyari mengatakan, nilai Pancasila sangat sejalan dengan agama, kata dia pada sila kesatu yang bunyinya Ketuhanan yang Maha Esa.

”Kan dasar kita Pancasila, tentu orang Indonesia pasti mempunyai keimanan. Terlebih terkait kepercayaan adalah hak segala bangsa, namun Pancasila inilah yang menyatukan kita sebagai Bangsa Indonesia dari berbagai perbedaan yang ada,” ujarnya.

Dia mengaku, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Bekasi akan menyelenggarakan deklarasi gema Pancasila. Kegiatan yang akan melibatkan pelajar dan pemuda tersebut, untuk menanamkan nilai Pancasila dalam jiwa masyarakat Kota Bekasi.

Sementara itu, ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bekasi Paray Said menambahkan, tujuan dari deklarasi tersebut untuk mengembalikan kehidupan bermasyarakat yang mengimplementasikan nilai Pancasila.

”Perbedaan pasti ada, namun Pancasila ini sebagai perekat kehidupan yang bertoleransi demi keutuhan kesatuan bangsa Indonesia, dan terlebih menjaga kedamaian kerukunan bagi masyarakat di Kota Patriot ini,” paparnya.

Di tempat yang sama, salah satu tokoh masyarakat Nasrani Devi Simanjuntak menjelaskan, kegiatan deklarasi untuk menumbuhkan jiwa Pancasila dan Patriotisme. ”Tapi tujuan kita bukanlah seremonial belaka, namun nantinya ada pembinaan melalui sekolah-sekolah, organisasi masyarakat, yang terstruktur pada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Pancasila harus mendarah daging bagi bangsa Indonesia terutama di Kota Patriot ini,” harapnya. (and)


loading...

Feeds