Pencari Kerja Latihan di BLK Provinsi Jabar

TERBENGKALAI: Anak-anak bermain di Gedung BLK Kabupaten Bekasi, di Tambun Utara. Sejak selesai dibangun pada beberapa tahun lalu, gedung ini belum pernah digunakan.FOTO:RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

TERBENGKALAI: Anak-anak bermain di Gedung BLK Kabupaten Bekasi, di Tambun Utara. Sejak selesai dibangun pada beberapa tahun lalu, gedung ini belum pernah digunakan.FOTO:RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bekasi menitipkan sejumlah Pencari Kerja (Pencaker) asal Kabupaten Bekasi ke BLK Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Kota Bekasi. Itu dilakukan lantaran BLK milik Kabupaten Bekasi yang berlokasi di Kampung Puloputer, Desa Srimahi, Tambun Utara belum bisa digunakan.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas pada Disnakertrans Kabupaten Bekasi, Juanda, mengatakan pihaknya menitipkan pencari kerja di BLK provinsi lantaran keterbatasan sarana prasarana dan SDM pengajar.

“Sekarang ini kami masih numpang di BLK provinsi yang ada di Kota Bekasi berikut SDM sama alat-alatnya,” katanya.

Juanda mengaku tidak bisa berbuat apapun karena terbentur sarana prasarana di BLK Kabupaten Bekasi.

“Kami sudah berupaya untuk mengaktifkan BLK Kabupaten Bekasi tapi masih terbentur beberapa aturan,” ujarnya.

Meski demikian, sambung Junaidi, pihaknya tetap membuka peluang kepada pencari kerja yang ingin mendapatkan pelatihan dari berbagai keahlian, seperti di bidang industri. Kata dia, pencari kerja akan tetap difasilitasi dan tidak dipungut biaya meski pelatihannya dilakukan di BLK provinsi.

“Dalam pelatihan pencari kerja tidak ada pungutan atau retribusi, kan anggarannya ada dari APBD,” katanya.

Untuk pengadaan sarana dan prasarana BLK Kabupaten Bekasi rencananya akan dilakukan pada 2017 mendatang. Jika terealisasi, maka gedung BLK yang kini terbengkalai bisa digunakan.

“Pemberian pelatihan bisa lebih baik lagi dalam memfasilitasi warganya yang membutuhkan pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan,” ungkapnya. (dho)


loading...

Feeds