Panwaslu: KPU Kabupaten Bekasi Harus Bersikap Tegas

Pilkada Kabupaten Bekasi.

Pilkada Kabupaten Bekasi.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Tahapan kampanye Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 sudah dimulai sejak 28 Oktober kemarin. Namun demikian, hingga kemarin Panwaslu Kabupaten Bekasi belum juga mendapat jadwal kampanye dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi, mengatakan jika paslon belum menyerahkan jadwal kampanye, maka KPU harus bersikap tegas. Karena jadwal kampanye berkaitan dengan pengawasan di lapangan.

“Kalau memang kendalanya di paslon yang masih belum menyerahkan jadwal kampanye baik pertemuan tertutup dan tatap muka KPU harusnya bersikap tegas,” kata Akbar, Minggu (30/10/2016).

“Karena jadwal kampanye itu kan yang menetapkan KPU atas usulan tim kampanye paslon. Sedangkan saat ini masing-masing paslon sudah melakukan kegiatan kampanyenya di lapangan,” lanjutnya.

Akbar juga mengimbau kepada seluruh tim kampanye agar menaati peraturan perundang-undangan. Dan, dalam setiap agenda kampanye harus ada surat tembusan ke kepolisian dan penyelenggara kampanye.

“Tiap tim kampanye harus mematuhi Undang-Undang Pilkada dalam setiap agendanya juga harus ada tembusan ke pihak kepolisian. Agar semua bisa diawasi dalam pelaksanaannya. Itulah alternatif panwaslu dalam pengawasan saat ini,” ungkapnya.

Terpisah, akademisi Unisma Bekasi, Adi Susila, khawatir pengawasan tidak akan maksimal jika jadwal kampanye belum diterima panwaslu. Karena kata dia, jadwal kampanye menjadi salah satu barometer pengawas dalam mengawasi pesta demokrasi.

“Jadwal kampanye bersifat terbuka tidak semestinya untuk tidak diberitahukan, terutama pada panwaslu. Sebenarnya, ada apa ini?” katanya.

“Apakah sudah berjalan kampanyenya atau belum? Jadwal kampanye sebenarnya bersifat publik. Pendukung dari salah satu calon harus tahu begitupun calonnya, agar tidak ada bentrok nanti di lapangan. Tapi yang paling penting adalah panitia pengawas. Mereka harus punya jadwal tersebut. Terlebih, kampanye paslon saat ini sudah berjalan,” sambung mantan ketua KPU Kabupaten Bekasi ini. (dan)


loading...

Feeds