KPU Kota Bekasi Berencana Sosialisasi Pemilu ke Sekolah

Ilustrasi Pilkada

Ilustrasi Pilkada

POJOKJABAR.com, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi berencana untuk menambah segmen sasaran sosialisasi. Rencananya, anak Sekolah Dasar (SD), SMP, dan SMU sederajat bakal diberi pengetahuan politik pra pemilih.

Menurut Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, pendidikan politik harus ditanamkan sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pembangunan demokrasi.

Ia menjelaskan, dalam perhelatan Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang, KPU bakal memberikan pendidikan politik kepada para pelajar sebagai sasaran prapemilih. “Tujuannya agar sejak dini mereka mulai ada kesadaran politik. Bila memungkinkan, kami juga akan masuk ke SD,” katanya.

Ditambahkan Ucu, segmen pemilih prapemula ini nantinya akan diberi pengetahuan tentang politik. Sehingga, saat memasuki usia hak memilih, mereka (siswa/siswi,red) sudah memahami tujuan berdemokrasi. “Kami akan mulai tanamkan politik itu sejak dini,” ujar Ucu.

Bahkan lanjut Ucu, sasaran lainnya para pelajar juga yang akan menjadi duta demokrasi di keluarga dan lingkungan terdekat.

Nantinya, mereka bakal diajarkan mengingatkan orang tua dan keluarganya agar datang ke TPS untuk memilih. “Sosialisasi kepada pra pemilih pemula ini akan efektif, dalam rangka peningkatan partisipasi,” terangnya.

Secara psikologis, menanamkan hal baik untuk usia dini akan sulit dilupakan. “Jadi, kami akan coba memberi pengetahuan kepada anak sekolah. Dan kami yakin, hal ini akan efektif dalam rangka memenuhi target 82 persen partisipasi pemilih,” pungkas Ucu.

KPU Kota Bekasi juga berencana untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. “Dalam waktu dekat, kami akan koordinasi untuk memuluskan rencana ini,” harapnya. (sar)


loading...

Feeds

Pemkot Cirebon, memberikan bantuan kepada korban banjir. Foto: pey/pojokjabar

Pemkot Beri Bantuan Korban Banjir Suba

POJOKJABAR.com CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon langsung memberikan bantuan langsung ke warga yang terdampak banjir luapan aliran sungai Suba, Jumat (23/2/2018) …