Dispenda Kabupaten Bekasi Klaim Target BPHTB Sudah 80 Persen

Kepala Dispenda Kabupaten Bekasi, Muhyidin.

Kepala Dispenda Kabupaten Bekasi, Muhyidin.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bekasi mengklaim target Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah atau Bangunan (BPHTB) sudah mencapai 80 persen hingga akhir Oktober 2016.

Kepala Dispenda Kabupaten Bekasi, Muhyidin, yakin target itu akan bertambah hingga akhir Desember 2016.

“Targetnya sih hingga akhir tahun bisa sampai 90 persen, karena memang BPHTB salah satu penyumbang pendapatan bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Kata Muhyidin, pendapatan pajak dari sektor BPHTB masih menjadi primadona untuk menyumbang PAD setelah PBB. Alasannya, kata dia, karena Kabupaten Bekasi merupakan daerah berkembang.

“Memang bisa dilihat dari trennya, di setiap tahun tren pembuatan sertifikasi di Kabupaten Bekasi semakin meningkat, karena kebanyakan pendapatan dari BPHTB berasal dari pembuatan sertifikasi baik itu tanah bangunan dan juga perusahaan,” ungkapnya.

Menurut Muhyidin, selama ini penarikan sektor pajak BPHTB tidak memiliki kendala yang besar. Alasannya, kata dia, karena BPHTB merupakan pajak yang tersistem. Sedangkan kendala yang dihadapi, jika pemilik tanah dan bangunan tidak melaporkan bila terjadi transaksi jual beli atau pengakuan tanah dan bangunan.

“Makanya kita sudah berkoordinasi dengan semua notaris karena setiap transaksi jual beli harus ada BPHTB-nya,” ucapnya. (dho)

AHM Luncurkan All New Honda PCX Produksi Indonesia

loading...

Feeds