LADK Menarik Paling Besar di Antara Paslon Lain

Pilkada Kabupaten Bekasi.

Pilkada Kabupaten Bekasi.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) paslon cabup-cawabup Meilina Kartika Kadir-Abdul Kholik (Menarik) paling besar dibandingkan dana awal kampanye pasangan calon lainnya. Hal tersebut berdasarkan data yang dimiliki KPU Kabupaten Bekasi.

Komisioner KPU Kabupaten Bekasi, Suhana menjabarkan, LADK paslon nomor urut satu itu sebesar Rp50.700.000. Sedangkan paslon nomor urut dua, Sa’duddin-Ahmad Dhani (Sah) diketahui sebesar Rp10 juta.

Selanjutnya, LADK paslon nomor urut tiga, Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (Obama) sebesar Rp50 juta. Untuk paslon nomor urut empat, Iin Farihin-Mahmud (Imam) hanya Rp500 ribu. Dan paslon nomor urut lima Neneng Yasin-Eka Supriatmaja (Neneng YES) Rp10 juta.

Pada saat memasuki masa kampanye, pasangan calon bisa mendapatkan sumbangan dana kampanye. Sumbangan dana kampanye pun harus dimasukkan ke dalam rekening kampanye pasangan calon.

“Nanti ada surat pernyataan menyumbang dengan mencantumkan NPWP dan alamat jelas. Dan harus dimasukan ke rekening khusus dana kampanye. Kalaupun cash, harus dimasukan dulu, jadi terekam ya di situ, baru mau ditarik, ditarik lagi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pasca masa kampanye pasangan calon harus menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Jika tidak melaporkan sumbangan dana kampanye, apakah ada sanksi? “Berarti kan dia nggak ngelaporin ke kita. Nggak menjunjung tinggi asas transparansi. Lain kalau mereka melaporkan dana lebih dari kesepakatan yang Rp25 M, itu kan sanksinya mereka harus mengembalikan ke kas negara,” ucapnya.

“Kalau ada orang bisa membuktikan (sumbangan tidak terekam di bank) itu boleh, kalau nggak ya di aturannya nggak ada (sanksi) sih. Pokoknya itu, makanya semua kalau ada orang cash maka harus masuk ke dalam rekening dulu supaya bisa terekam,” tutupnya.

Diketahui bahwa KPU Kabupaten Bekasi telah menetapkan batas maksimal dana kampanye dalam Pikada Kabupaten Bekasi tahun 2017. Batas maksimal dana kampanye tersebut diketahui sebesar Rp25.022.274.736. (neo)


loading...

Feeds