Kapan Surat Keterangan Didistribusikan ke Kecamatan?

Pilkada Kabupaten Bekasi.

Pilkada Kabupaten Bekasi.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – KPU Kabupaten Bekasi belum mengetahui jika surat keterangan pengganti KTP elektronik sudah diberikan ke pemilih melalui kecamatan. Untuk teknisnya, semestinya surat tersebut didistribusikan ke kecamatan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi.

“Data kita kan akan kita kirimkan ke Disdukcapil, sampai saat ini kita belum tahu kebijakan dari Disdukcapil seperti apa, apakah sudah di-droping ke kecamatan-kecamatan atau belum. Kalau di-droping ke kecamatan kan kita akan mudah,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Bekasi, Novan Andry Purwansyah.

“Tinggal Disdukcapil akan mengeluarkan surat keterangan itu sesuai dengan salah satunya yang direkomendasikan KPU,” tambahnya.

Ia mengatakan, data pemilih saat ini masih dalam proses rekapitulasi draf Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat PPK. Itu menyusul telah selesainya rekapitulasi di tingkat PPS.

Kata dia, setelah direkapitulasi oleh PPK, maka draf DPS diserahkan ke KPU Kabupaten Bekasi. Selanjutnya pada 2 November 2016 draf tersebut ditetapkan.

“Masih sangat bisa sekali karena ada tanggapan masyarakat juga tanggal 10 sampai tanggal 19 November dan di situ kita akan gencar sosialisasikan melalui media promosi seperti banner, spanduk, baliho,” katanya.

Disinggung kemungkinan pemilih yang belum terekam datanya bisa masuk dalam Daftar Pemilu Tetap (DPT), Novan belum bisa memastikan. Kata dia, kepastiannya bisa dilihat dari proses perekaman dan distribusi surat keterangan. (neo)


loading...

Feeds