Baca! Enam Spesialis Pencuri Dibekuk, Begini Modusnya

Ilustrasi Pencurian .

Ilustrasi Pencurian .

POJOKJABAR.com, CIKARANG UTARA – Polres Metro Bekasi membekuk enam pelaku spesialis pencurian barang berharga di dalam mobil. Pelaku merupakan sindikat pencuri yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.

“Tercatat, pelaku sudah 11 kali beraksi. Terakhir, pelaku beraksi di pusat perbelanjaan di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan,” ujar Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol M Awal Chairuddin, Selasa (25/10/2016).

Keenam pelaku yang diamankan, yakni berinisial AS, MU, FE, M, FI, MUS.

“Pelaku semuanya laki-laki berusia sekitar 20 sampai 25 tahun,” ujarnya.

Dikatakan Awal, modus pelaku setiap kali beraksi dengan cara memarkirkan mobil pelaku di sebelah kiri dan kanan mobil sasaran. Tujuannya agar aksi pelaku saat memecahkan kaca dan membongkar pintu mobil sasaran tidak diketahui orang lain.

“Mobil pelaku diparkirkan di sebelah kiri dan kanan mobil sasaran yang juga di parkir di pusat perbelanjaan. Sehingga saat pelaku beraksi tidak diketahui orang lain karena tertutup dengan mobil pelaku,” katanya.

Jika sudah berhasil memarkirkan kendaraannya, pelaku dengan leluasa menguras semua barang berharga yang ditinggal di dalam mobil korban.

“Pelaku hanya mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil tapi tidak mencuri mobilnya,” ucapnya.

Masih Awal, sindikat ini hanya mengincar jenis mobil tertentu. Namun mobil yang paling diincar adalah mobil dengan sistem alarm yang tidak berbunyi saat pelaku beraksi.

“Pelaku sudah mengetahui jenis mobil tertentu sehingga saat beraksi alarm mobil tidak berfungsi. Sepertinya, pelaku sudah mempelajari hal ini,” tuturnya.

“Kami tidak ungkapkan jenis mobilnya karena ini akan menjadi masukan kepada produsen mobil untuk memperbaiki sistem alarm-nya,” lanjutnya.

Dari penangkapan ini, polisi menyita barang bukti berupa 12 telepon seluler, satu kalkulator, delapan KTP asli, kunci letter T, uang tunai Rp1 juta serta satu unit mobil milik pelaku. Seluruh pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. (dho)


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …