Ingat! LADK Diserahkan 27 Oktober

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik.

POJOKJABAR.com, KEDUNGWARINGIN – Seluruh pasangan bakal calon kepala daerah yang berlaga di Pilkada 2017 diperbolehkan menanggung sendiri biaya kampanye. Dengan demikian, masing-masing kandidat dibolehkan menyumbang dana kampanye namun dengan memperhatikan beberapa hal.

Beberapa aturan yang harus dipatuhi kandidat ketika ingin menyumbang dana kampanye di antaranya dana yang disumbangkan tidak boleh melebihi batas maksimal dana kampanye yang sudah ditetapkan KPU yakni sebesar Rp25.022.274.736.

“Tidak boleh melampaui batas maksimal yang telah ditetapkan dalam rapat koordinasi antar tim kampanye,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik.

Soal sumbangan dana kampanye diatur dalam Peraturan KPU RI Nomor 13 Tahun 2016 Pasal 7. Dalam PKPU tersebut disebutkan dana kampanye bisa berasal dari partai politik, gabungan partai politik, pihak lain perseorangan atau pihak lain kelompok atau badan swasta.

Pasal 7 ayat (1) berbunyi dana kampanye yang berasal dari partai politik atau gabungan partai politik nilainya maksimal Rp750 juta setiap partai politik selama masa kampanye.

“Ilustrasinya, apabila pasangan calon diusung oleh empat partai politik (gabungan partai politik), maka maksimal sumbangan dana dari partai politik sebanyak Rp750 dikali empat partai atau masing-masing partai maksimalnya Rp750 juta,” ungkap Idham.

Pada pasal 7 ayat (2) disebutkan dana sumbangan dari pihak lain perseorangan maksimal Rp75 juta selama masa kampanye. Pasal 7 ayat (3) berbunyi, dana kampanye dari kelompok atau badan hukum swasta maksimal Rp750 juta.

Idham juga menegaskan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) pasangan calon wajib diserahkan pada 27 Oktober 2016. Kata dia, ada sejumlah hal teknis yang juga perlu diperhatikan dalam mengisi LADK itu.

Semisal, kata Idham, jika salah satu pasangan calon memiliki dana awal kampanye dengan total sebesar Rp100 juta, maka rinciannya yaitu Rp50 juta ditabung dalam rekening khusus dana kampanye pasangan calon dan sisanya digunakan untuk kampanye.

“Maka keseluruhan dana awal kampanye tersebut wajib dilaporkan,” ucapnya. (neo)


loading...

Feeds

Pemkot Cirebon, memberikan bantuan kepada korban banjir. Foto: pey/pojokjabar

Pemkot Beri Bantuan Korban Banjir Suba

POJOKJABAR.com CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon langsung memberikan bantuan langsung ke warga yang terdampak banjir luapan aliran sungai Suba, Jumat (23/2/2018) …