Dua Paslon Ini Incar Kampanye Terbuka di Stadion Wibawamukti Cikarang

Pilkada Kabupaten Bekasi.

Pilkada Kabupaten Bekasi.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Penetapan nomor urut Cabup-Cawabup Bekasi baru akan dilakukan hari ini. Jadwal kampanye pun belum dimulai. Tapi, dua kandidat berencana akan menggunakan Stadion Wibawamukti, Cikarang untuk kampanye terbuka di hari terakhir kampanye pada 11 Februari mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Bekasi, Suhana, mengatakan, tidak ada aturan yang melarang untuk melaksanakan kampanye rapat umum pada tanggal yang sama.

“Di aturan itu nggak ada yang menyatakan bahwa setiap pasangan calon harus berbeda (waktu). Tapi, rentan waktunya memang 14 hari boleh memilih, cuma ada persyaratan mereka harus memberitahukan kepada panwas dan kepolisian mendapatkan rekomendasi,” jelasnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik, mengungkapkan jadwal kampanye rapat umum pasangan calon baik wajib dikoordinasikan kepada penyelenggara Pilkada, yaitu KPU dan Panwaslu serta kepolisian setempat, Polres Metro Bekasi.

“Hal ini demi memastikan terciptanya situasi atau kondisi penyelenggaraan kampanye yang kondusif dan damai. Berdasarkan hasil konsultasi saya dengan ketua KPU Jawa Barat boleh pada tanggal yang sama asal tempat berbeda dan pihak kepolisian (Polres Metro Bekasi) dapat memberikan izin karena pertimbangan keamanan yang terjamin,” ujarnya.

Mengenai tempat pelaksanaan di stadion olahraga, tentu ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Bukan hanya untuk tim pasangan calon, begitu juga dengan pihak yang memberikan izin dalam hal ini Pemkab Bekasi.

“Penggunaan stadion olah raga milik pemerintah daerah oleh pasangan calon harus mendapatkan izin dari pemerintah daerah atau dinas pemda atau manajemen pengelola stadion olahraga tersebut dengan mengedepankan prinsip keadilan,” ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, jika prinsip keadilan tidak dapat terpenuhi, maka pemerintah daerah sebaiknya jangan memberikan izin penggunaan stadion olahraga tersebut. “Karena dapat menimbulkan konflik dan mengganggu berjalannya tahapan Pilkada,” tutupnya.

Terpisah, Tim Pemenangan Melly-Iik (Menarik), Yaya Ropandi membenarkan pihaknya berencana menggelar kampanye rapat umum pada tanggal tersebut di GOR Wibawamukti.

“Itu kan milik pemerintah daerah. Apakah saya diizinkan atau tidak ? Belum ada jawaban dari KPU, Kalau PDI Perjuangan berkepentingan di situ karena ini momentum kampanye akbar,” ucapnya.

Hal senada dilontarkan Tim Pemenangan Neneng YES, Sardi mengungkapkan, kalau pihaknya juga berencana untuk mengadakan kampanye rapat umum pada tanggal 11 Februari. Awalnya, kata dia, kampanye tersebut menggunakan Lapangan Wanasari. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan tempat.

“Tapi masih bisa berubah, ini kan masih tiga bulan waktunya, rencana di lapangan Wanasari. Di sana kan perumahan, kita menghindari kemacetan, kasihan aktivitas masyarakat,” ujarnya. (neo)


loading...

Feeds