Pemulung Serbu Lokasi Pasca Pembongkaran

KUMPULKAN BARANG BEKAS: Sejumlah pemulung memanfaatkan kesempatan dengan mengumpulkan barang bekas setelah dilakukan pembongkaran bangunan di Kampung Kongsi, Kecamatan Cikarang Utara, Jumat (21/10/2016).FOTO:PUTRI/RADAR BEKASI

KUMPULKAN BARANG BEKAS: Sejumlah pemulung memanfaatkan kesempatan dengan mengumpulkan barang bekas setelah dilakukan pembongkaran bangunan di Kampung Kongsi, Kecamatan Cikarang Utara, Jumat (21/10/2016).FOTO:PUTRI/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, CIKARANG UTARA – Pasca dilakukannya pembongkaran bangunan di atas lahan seluas 8.105 meter persegi milik Budiman M Sudjono di Kampung Kongsi, Desa Cikarang Kota, puluhan pemulung memadati lokasi tersebut. Mereka mencari barang bekas yang dianggap masih memiliki nilai jual.

Salah satu pemulung warga Kampung Pilar, Suyono (38) mengatakan, dirinya sengaja datang untuk mengais rezeki sisa puing yang bisa dijual.

“Saya dapat informasi sekitar satu hari sebelum adanya penggusuran, namanya juga usaha untuk mengais rezeki. Makanya, saya sudah menyiapkan gerobak untuk membawa barang yang sudah tidak terpakai,” ungkapnya.

Meski begitu, dirinya tidak serta merta mengambil barang pasca penggusuran, dirinya pun harus meminta izin terebih dahulu. Hal ini dilakukannya untuk tetap menghargai perasaan anggota keluarga yang rumahnya ikut tergusur.

Menurutnya, barang yang paling diincar dalam sisa-sisa puing oleh para pemulung adalah kayu pondasi, asbes, triplek, maupun kabel listrik yang memiliki nilai paling tinggi bila dijual kembali pada pengepul barang bekas.

Terpisah, salah seorang warga yang rumahnya tergusur, Marlina (43) mengungkapkan, dirinya mengaku pasrah dengan apa yang menimpa orang tuanya saat ini. Di sisi lain, dirinya harus berpikir keras bagaimana caranya untuk bisa mencari tempat tinggal baru untuk orang tuanya.

“Saya sudah lama tinggal di sini, ada kali sekitar 10 tahun dan sekarang kayak gini. Kalau pun sisa penggusuran diambil yang lain, mau gimana lagi, mungkin sudah jalannya,” katanya pasrah. (put)


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …