PDIP Kota Bekasi Minim Figur?

Ilustrasi Partai PDIP.

Ilustrasi Partai PDIP.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Berhembusnya nama mantan Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad yang bakal mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, seolah menandakan minimnya figur yang dimiliki oleh PDIP Kota Bekasi.

Praktisi Pemenangan Pilkada, Jiwang Cahyono mengatakan, pencalonan Mochtar Mohamad atau yang lebih akrab disapa M2 itu masih mendapat kesan dari masyarakat Kota Bekasi. Pasalnya, masyarakat kini tak terlalu terpengaruh dengan popularitas seseorang di masa lalu ataupun melalui ruang publik, seperti banner dan baliho, karena semua itu belum tentu berpengaruh pada tingkat elektabilitas.

“Saya merasa ini masih terlalu dini. Karena sepertinya akan ada perubahan aturan terkait terpidana tindak pidana korupsi tidak dapat mencalonkan diri,” ucapnya kepada awak media,  kemarin.

Menurut dia, banyak kader PDIP yang berminat untuk maju di Pikada mendatang. Selain itu, PDIP terlalu percaya diri dengan kekuatannya di tiga daerah di Jawa Barat, yakni Bekasi, Tasikmalaya, dan Cimahi.

“Bisa jadi akan ada figur kiriman partai dari luar Bekasi, karena secara demografi, Bekasi dan Jabodetabek tidak terlalu jauh. Dan untuk Pilkada di Kota Bekasi, masih akan banyak warna dan perubahan,” beber Jiwang.

Namun jika dilihat dari sisi lain, tambah Jiwang, tidak ada calon independen yang murni, karena sedikit banyak mereka tetap akan membutuhkan kekuatan partai. Yang membedakannya hanyalah calon yang maju dari pilihan partai.

“Maju secara independen namun tetap membutuhkan dukungan kekuatan partai. Bahkan calon independen yang pernah maju, secara histori adalah kader partai dan pernah dibesarkan oleh partai sebelumnya,” terang Jiwang.

Sementara itu, Politisi PDIP Jawa Barat, Waras Wasito mengaku PDIP memiliki banyak figur, dan siapapun bisa maju menjadi kandidat. “Semua berpeluang, dan yang pasti keputusan ada di DPP,” tuturnya.

Lanjut Waras, peluang PDIP untuk memenangkan Pilkada Kota Bekasi sangat terbuka lebar, apalagi PDIP satu-satunya partai yang memiliki tiket pada Pilkada meski tanpa koalisi. “Figurnya banyak, PDIP partai pemenang, jadi kami (PDIP,red) yang paling berpeluang menang,” ucapnya optimis. (sar)


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …