Jalur Pedestrian di Kota Bekasi Beralih Fungsi Jadi Tempat Parkir

BELUM DITERTIBKAN: Pengendara melintasi parkir kendaraan di Jalan Ir Djuanda Kota Bekasi, kemarin. Fungsi trotoar di jalan tersebut beralih menjadi parkir kendaraan.FOTO:ARIESANT/RADAR BEKASI

BELUM DITERTIBKAN: Pengendara melintasi parkir kendaraan di Jalan Ir Djuanda Kota Bekasi, kemarin. Fungsi trotoar di jalan tersebut beralih menjadi parkir kendaraan.FOTO:ARIESANT/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, BEKASI – Sejumlah pedestrian di Kota Bekasi kini beralih fungsi. Padahal, Pemerintah Kota Bekasi membangun pedestrian tersebut untuk memfasilitasi hak pejalan kaki. Namun pada kenyataannya, pedestrian menjadi tempat parkir kendaraan.

Kondisi ini bisa terlihat di sisi Jalan KH. Noer Ali, Jalan Chairil Anwar maupun Jalan Ir. H. Juanda. Bahkan tidak sedikit pengendara dengan sengaja memarkirkan kendaraannya di ruang pedestrian. Kondisi ini mengganggu pejalan kaki yang melintas.

Tidak hanya itu, banyak pengendara sepeda motor memanfaatkan jalur pedestrian untuk menerobos kemacetan. Kondisi ini, membuat infrastruktur jalur Pedestrian sudah mulai rusak, karena salah peruntukan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana, mengaku kesulitan menertibkan warga yang sengaja memarkirkan kendaraannya di jalur Pedestrian. Bahkan, berulang kali Dishub Kota Bekasi melakukan penertiban dengan menggembosi ban kendaran mereka. “Kita sudah sering tertibkan, namun mereka memang tidak sadar,” ujarnya.

Kepada Radar Bekasi Yayan mengatakan, sebagai dinas teknis yang melakukan pengawasan terhadap parkir, pihaknya hanya memberikan pembinaan. “Karena yang parkir di pedestrian depan stasiun itu kendaraan pribadi, jadi untuk penertiban secara penilangan kita tidak mempunyai kewenangan,” katanya.

Sementara itu Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polrestro Bekasi Kota Kompol Bayu Pratama mengakui, jika pihaknya untuk saat ini merasakan sulitnya menertibkan masyarakat yang memarkirkan kendaraan di jalur pedestrian.

“Meski kita akui kesulitan, operasi tetap kita lakukan. Bahkan saat melakukan penertiban tidak sedikit kendaraan yang diberikan sangsi penilangan,” ujarnya saat dihubungi Radar Bekasi, Kamis (20/10/2016) kemarin.

Pantauan Radar Bekasi, kondisi tersebut kendaraan yang parkir di jalur pedestrian sangat mengganggu pejalan kaki. Sebab, kondisi di jalan yang padat, dan kalau di atas pedestrian ada kendaraan parkir. (and)

AHM Luncurkan All New Honda PCX Produksi Indonesia

loading...

Feeds