Hutan Mangrove Tersisa 10.481 Hektare

Pantai Muaragembong.

Pantai Muaragembong.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Hutan mangrove di Kecamatan Muaragembong kini hanya tersisa sekitar 10.481 hektare. Jumlah itu sudah mengalami penyusutan setiap tahunnya yang mencapai 1.000 hektare sejak 1997 lalu.

Menyusutnya hutan mangrove paling dominan disebabkan pembalakan liar dan gerusan air laut. Akibatnya, warga yang tinggal di pesisir pantai terancam abrasi.

Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (DPPK) Kabupaten Bekasi, Wahyudi Asmar, mengatakan pemerintah daerah bersama swasta melakukan penanaman pohon mangrove setiap tahun. Tujuannya agar tanaman tersebut bisa terus tumbuh dan melindungi wilayah pesisir seperti Muaragembong dan Tarumajaya.

“Jadi memang bukan pemerintah daerah saja yang melakukan pelestarian swasta juga banyak, sejauh ini memang hutan mangrove yang ada di wilayah pesisir makin lama makin habis akibat pembalakan liar, oleh sebab itu dibutuhkan peran swasta agar dapat melakukan penamanan kembali lahan mangrove tersebut,” ungkapnya.

Ketimbang ditebang, kata Wahyudi, sebaiknya masyarakat pesisir memanfaatkan tanaman bakau untuk pemberdayaan ekonomi. Karena tanaman bakau tersebut selain untuk konservasi, juga sebagai tempat berkembangnya biota laut dan penahan ombak.

“Kita telah mengembangkan pembuatan keripik dari tanaman mangrove agar bernilai ekonomis,” ucapnya.

Agar tanaman mangrove memiliki nilai ekonomis, DPPK Kabupaten Bekasi menyiapkan pelatihan bagi warga pesisir.

“Sudah ada pelatihannya dan kita juga sudah menyiapkan,” katanya. (dho)


loading...

Feeds

IMBAUAN: Kapolres Sukabumu, AKBP Nasriadi menyampaikan imbauan di hadapan jamaah salat Jumat di Masjid Agung Palabuhanratu.

Polres Sukabumi Siap Dampingi Ulama

Dalam imbauannya, perwira pangkat dua bunga melati emas itu siap memberikan jaminan kepada para ustadz yang akan menjalankan tugasnya sebagai …
Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …