Pilkada Kota Bekasi dan Pilgub Jabar Berbarengan

Ilustrasi Pilkada 2018.

Ilustrasi Pilkada 2018.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi kembali memastikan jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Juni 2018 mendatang bersamaan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi. “Insya Allah kalau tidak ada perubahan, Pilkada Kota Bekasi akan berbarengan dengan Pilgub Jawa Barat (Jabar) pada Juni 2018 mendatang,” ujar Ucu.

Menurutnya, media punya peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu, antara lain membantu KPU untuk menyebarluaskan informasi kepemiluan (sosialisasi), referensi utama publik soal kepemiluan, update informasi terkait dengan kondisi di lapangan, quick response dari masyarakat terkait regulas atau kebijakan yang dikeluarkan KPU serta mengontrol penyelenggara dan penyelenggaraan Pemilu di semua tingkatan.

“Beberapa aspek ingin kami sampaikan terkait persiapan yang dilakukan oleh KPU Kota Bekasi, yaitu persiapan anggaran, sumber daya manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh KPU Kota Bekasi sebagai persiapan menuju Pilkada 2018,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Ucu juga memaparkan, persiapan anggaran Pilkada Kota Bekasi yang sudah ditetapkan melalui Perda Nomor 17/2015 tentang dana cadangan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi sebesar Rp67 miliar.

Ia mengungkapkan, ada potensi pendanaan bersama antara Pemerintah Kota dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena pada Juni 2018 penyelenggaraan Pilkada serentak di enam belas Kabupaten/Kota di Jawa Barat bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

“Soal potensi pendanaan bersama ada, namun sayangnya sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai biaya apa saja yang dibiayai dari Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada, lanjut Ucu, kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dipandang sangat penting, khususnya dalam pemahaman mengenai regulasi.
Terkait hal tersebut, menurutnya para komisioner dan jajaran sekretariat aktif mengikuti perkembangan regulasi pemilihan serentak.

Melalui kesempatan tersebut pula, Ucu menepis informasi yang berkembang di tengah masyarakat bahwa Pilkada akan dimajukan tahun 2017.

“Kami tegaskan, bahwa sesuai dengan ketentuan di UU Nomor 10 tahun 2016, para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memiliki akhir masa jabatan tahun 2018, dan penyelenggaraan Pilkada akan diselenggarakan bulan Juni 2018. Berbagai persiapan terus kami lakukan, besar harapan kami penyelenggaraan Pilkada 2018 bisa terlaksana dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi. Tentu ini memerlukan bantuan, dukungan dan kerja sama semua pihak, termasuk dari kawan-kawan media di Kota Bekasi,” harap Ucu. (sar)


loading...

Feeds

KOMPAK: APJ (kiri) saat bersilaturahmi ke Ketua NU Kabupaten Bogor, Romdoni (tengah).

APJ Minta Restu Ketua NU Kabupaten Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bakal calon Bupati Bogor, Alek Johan Purnama (APJ), terus bersilaturahmi terutama kepada para tokoh. Sebelumnya, APJ mengunjungi …