Kota Bekasi Kekurangan Guru SMP

DIUPGRADE: Sejumlah Guru olahraga yang tergabung dalam MGMP Penjas se-Kota Bekasi, saat  mengikuti diklat di SMPN 21 Kota Bekasi. Saat ini, Disdik Kota Bekasi kekurangan guru berstatus PNS di tingkat SMP.FOTO:RANDY/RADAR BEKASI

DIUPGRADE: Sejumlah Guru olahraga yang tergabung dalam MGMP Penjas se-Kota Bekasi, saat mengikuti diklat di SMPN 21 Kota Bekasi. Saat ini, Disdik Kota Bekasi kekurangan guru berstatus PNS di tingkat SMP.FOTO:RANDY/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, BEKASI – Kota Bekasi saat ini kekurangan guru sekolah menengah pertama. Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, kekurangan guru berstatus pegawai negeri sipil tingkat SMP tersebut  mencapai 437 orang.

Kepala Bidang pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bekasi Agus Enap mengatakan, jumlah guru SMP berstatus PNS saat ini sebanyak 1.403 orang. Jumlah tersebut, menurutnya masih kurang untuk memenuhi kuota siswa yang ada.

“Ya kita masih kurang banyak untuk tenaga pengajar SMP. Kami ini sebenarnya kekurangan PNS, bukan kekurangan guru. Bisa dibayangkan kalau tidak ada tenaga sukwan, sekolah akan kewalahan mendidik muridnya,” katanya kepada Radar Bekasi, Jumat (14/10/2016) kemarin.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, kata pejabat berkumis tipis ini, Dinas Pendidikan Kota Bekasi melibatkan tenaga guru honorer dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK). Mereka bertugas sama halnya dengan guru lainnya.

“Kekurangan guru PNS ini tidak bisa dengan cepat dipenuhi dalam waktu dekat, karena permasalahan status PNS adalah kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah hanya mempunyai wewenang guru berstatus TKK dan honorer. Kami masih terus mengajukan penambahan agar bisa ada penambahan guru berstatus PNS di SMP Negeri,” ungkapnya.

Lanjut Agus mengatakan, harusnya guru di tingkat SMP Negri di Kota Bekasi berstatus PNS bukan lagi guru hononrer dan TKK. Tetapi, katanya, keputusan tersebut ada pada pemerintah pusat.

“Idealnya guru SMP Negeri semua berstatus PNS, tetapi yang mempunyai kebijakan atas status itu adalah pemerintah pusat, tetapi kami berupaya agar ke depan SMP Negeri di Kota Bekasi bisa PNS semua dan itu membutuhkan proses secara bertahap,” paparnya. (ran)


loading...

Feeds

KOMPAK: APJ (kiri) saat bersilaturahmi ke Ketua NU Kabupaten Bogor, Romdoni (tengah).

APJ Minta Restu Ketua NU Kabupaten Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bakal calon Bupati Bogor, Alek Johan Purnama (APJ), terus bersilaturahmi terutama kepada para tokoh. Sebelumnya, APJ mengunjungi …