Waspada! Cuaca Buruk, Banjir Kiriman Hantui Kabupaten Bekasi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com CIKARANG PUSAT – Masyarakat Kabupaten Bekasi diimbau waspada banjir kiriman dari daerah lain. Imbauan itu diperuntukan warga yang tinggal di dekat sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri, mengatakan meski intensitas dan curah hujan belum tinggi, namun potensi banjir akan terjadi terutama dari luapan air sungai besar.

“Kita ketahui kan Kabupaten Bekasi diapit oleh sungai besar yaitu Citarum dan Kali Bekasi dan Cibeet, biasanya banjir yang terjadi itu dari luapan air sungai karena air kiriman dari daerah lain makanya perlu kewaspadaan masyarakat,” ungkapnya.

Kata Aspuri, warga tidak hanya waspada terhadap bajir kiriman, tapi juga perlu mengantisipasinya. Seperti dengan membuat tanggul di bantaran sungai yang rawan jebol. Karena berdasarkan pengalaman, banjir di Kabupaten Bekasi sering disebabkan tanggul yang jebol lantaran tidak kuat menahan debit air.

“Makanya normalisasi Sungai Citarum itu harus benar-benar maksimal terutama tanggul sungai harus benar kuat, tetapi karena kewenangan pusat maka DBMPSDA harus koordinasi berkelanjutan dengan pusat,” tuturnya.

Lanjut Aspuri, selain Sungai Citarum, Kali Bekasi juga perlu diwaspadai. Karena bila meluap kecamatan yang berdekatan seperti Sukawangi, Babelan, Tarumajaya, dan Tambun Utara akan terkena imbasnya.

“Dari pantau kita dan informasi yang sampai ke saya sementara ini memang belum ada banjir karena curah hujan masih belum seberapa, tapi air kiriman tentu kita khawatirkan,” ungkapnya.

BPBD Kabupaten Bekasi, kata Aspuri, sudah menyiapkan kebutuhan jika terjadi banjir. Kebutuhan itu seperti logistik dan lainnya.

“Kayak perahu karet juga sudah kita siapkan dan pelampungnya juga, sedangkan untuk logistik sedang dalam porses lelang yang sedang dilakukan,” ucapnya. (dho)


loading...

Feeds

Ilustrasi PJU.

Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak …