Waduh, Lahan Pertanian di Cikarang Pusat Tersisa 1.000 Hektare

Ilustrasi Pertanian

Ilustrasi Pertanian

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Sebagaian lahan di Cikarang Pusat (Cikpus) kini sudah berubah menjadi perumahan, perusahaan, dan kawasan industri. Akibat dari alih fungsi tersebut, lahan pertanian di Cikarang Pusat kini tersisa sekitar 1.000 hektare.

Camat Cikarang Pusat, Endin Samsudin, membenarkan lahan pertanian di wilayahnya terus menyusut. Menurut dia, penyusutan itu secara umum terjadi karena perkembangan Kecamatan Cikarang Pusat sebagai Ibu Kota Kabupaten Bekasi.

“Dari enam desa yang ada, empat di antaranya Cicau, Pasirranji, Sukamahi, dan Jayamukti sudah berubah menjadi wilayah garis industri, sementara Hegarmukti dan Pasirtanjung masih ada lahan pertaniannya,” jelasnya.

Meski masih ada lahan pertanian, sambung Endin, tidak bisa seutuhnya dimaksimalkan. Karena kepemilikan lahan pertanian juga sudah beralih ke pengembang perumahan atau kawasan industri.

Namun demikian, peralihan fungsi lahan ini tidak hanya menimbulkan kerugian, tapi juga keuntungan bagi warga setempat yang memiliki kompetensi.

“Ya, ada untung ruginya, bisa bekerja di industri, sementara ruginya ketahanan pangan makin mengkhawatirkan akibat alih fungsi lahan,” katanya.

Peralihan fungsi lahan secara langsung mengubah perilaku dan profesi warga setempat. Di Cikarang Pusat, jika sebelumnya banyak warga yang menjadi petani, kini mereka lebih memilih bekerja di perusahaan, menjadi pedagang atau mengelola limbah industri.

Untuk warga yang ingin terjun ke dunia industri, kata Endin, perlu ada peningkatan keterampilan agar bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah.

“Dengan adanya industri juga banyak warga yang dulunya petani beralih pekerjaan menjadi pedagang dan pengelola limbah industri, dan juga kita saat ini sedang melakukan balai latihan kerja untuk menambah keterampilan warga,” ungkapnya. (dho)


loading...

Feeds

KOMPAK: APJ (kiri) saat bersilaturahmi ke Ketua NU Kabupaten Bogor, Romdoni (tengah).

APJ Minta Restu Ketua NU Kabupaten Bogor

POJOKJABAR.com, BOGOR – Bakal calon Bupati Bogor, Alek Johan Purnama (APJ), terus bersilaturahmi terutama kepada para tokoh. Sebelumnya, APJ mengunjungi …