Inilah Tiga Modal untuk Menang pada Pilkada Kabupaten Bekasi 2017

Pilkada Kabupaten Bekasi.

Pilkada Kabupaten Bekasi.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Finansial bukan menjadi satu-satunya modal yang harus dimiliki pasangan bakal calon kepala daerah untuk menang di Pilkada Kabupaten Bekasi 2017. Tapi, ada beberapa modal lainnya yang harus dimiliki kandidat agar memenangkan pesta demokrasi.

Akademisi Unisma Bekasi, Harun Alrasyid, mengatakan ada tiga modal yang mutlak dimiliki pasangan bakal calon kepala daerah agar menang di pilkada. Tiga modal itu yakni, basis politik yang kuat, basis sosial yang kuat, dan finansial.

Kata dia, ketiga modal itu harus seimbang. Jika salah satu modal tersebut tidak dimiliki pasangan bakal calon kepala daerah, kata Harun, akan sulit untuk memenangkan pilkada.

“Misalnya begini, finansialnya besar, belum tentu dia menang kalau sosialnya lemah. Setiap daerah itu beda-beda, tapi umumnya ada tiga modal yang harus dimiliki kandidat. Dan modal itu yang nantinya dijadikan sebagai alat untuk menarik simpati publik,” ungkapnya.

Selain ketiga modal itu, menurut Harun, pasangan bakal calon kepala daerah harus mengetahui karakter pemilih di Kabupaten Bekasi. Dan, menurut dia, saat ini yang diuntungkan di pilkada adalah incumbent, seperti di daerah lainnya.

“Ya tentu saja incumbent memiliki peluang yang cukup terbuka, sepanjang incumbent itu mampu memelihara trust-nya di publik. Nah kalau di mana-mana pun juga, incumbent punya peluang,” katanya.

Harun menilai Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 akan kompetitif karena diikuti lima pasangan bakal calon kepala daerah.

“Kalau dengan banyak calon yang diuntungkan pertama yang memiliki basis politik yang sangat kuat baik kultural maupun ekonominya, yang kedua tentu saja popularitas juga memengaruhi, yang ketiga mesin politik yang jalan,” tuturnya. (neo)


loading...

Feeds