Bikin Malu! Pejabat Kabupaten Bekasi Belum Bayar Pajak Kendaraan Dinas

Ilustrasi Kendaraan Dinas.

Ilustrasi Kendaraan Dinas.

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Banyaknya pejabat yang belum membayar pajak kendaraan dinasnya menjadi contoh buruk bagi masyarakat. Karena sebagai pejabat, seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti, menyayangkan banyaknya pejabat Kabupaten Bekasi yang tidak membayar pajak kendaraan. Padahal, saat ini pemerintah pusat sedang gencar mensosialisasikan taat pajak untuk mendorong pendapatan pajak.

”Harusnya mereka memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” katanya.

Jejen meminta agar pemerintah daerah (pemda) mendata pejabat yang belum membayar pajak kendaraan dinasnya. Jika perlu, kata dia, pejabat yang tidak taat pajak diberikan sanksi.

”Sanksi itu diberikan sebagai bentuk pembelajaran, dan mereka tidak mengulang perbuatannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno, belum mengetahui ada kendaraan dinas yang belum membayar pajak. Karena kata dia, tanggung jawab pembayaran pajak kendaraan dinas ada di setiap masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami tidak tahu kendaraan dinas mana saja yang belum membayar pajak,” katanya.

Saat ini, ada 1.148 kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Bekasi. Dari jumlah itu, sebnayak 273 di antaranya kendaraan roda empat dan sisanya roda doa.

”Sebenarnya untuk perpanjangan STNK dan pemeliharaan kendaraan tanggung jawab pribadi,” ungkapnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi AKP Endang Longla, membenarkan pihaknya melakukan operasi bersama dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu. Tujuannya untuk menertibkan kendaraan dinas dari sisi administrasi.

”Operasi itu menertibkan kendaraan dinas dari segi administrasi, kami sifatnya hanya mendampingi,” singkatnya.

Sebelumnya, Polresta Bekasi bersama Dispenda Kabupaten Bekasi menggelar razia Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) di Jalan Raya Teuku Umar, Cikarang Barat, Senin (10/10). Hasilnya, ada 114 kendaraan dinas yang belum membayar pajak. (dho)


loading...

Feeds

BUMD

BUMD Bandung Barat Masuk Catatan Hitam

POJOKJABAR.com, NGAMPRAH – Mangkirnya Direksi BUMD Kabupaten Bandung Barat PT. Perdana Multiguna Sarana (PMgS) menyulut emosi anggota DPRD Bandung Barat …