Kajari Bekasi Minim Prestasi

Kantor Kejari Bekasi.

Kantor Kejari Bekasi.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Kinerja yang memuaskan, belum ditunjukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bekasi Didik Istiyanta. Sejak memimpin Kejari Bekasi, hingga saat ini belum ada sekalipun melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi yang berdampak pada kerugian negara.

Padahal, laporan dari masyarakat yang disampaikan sangat banyak. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Raya Indonesia Baru (Grib), Lamhot Capah menilai Kajari Bekasi dinilai lamban dalam menjalankan tugasnya.

Menurutnya sudah beberapa dugaan korupsi yang dilaporkan pihaknya tidak pernah ditangani.

“Kalau menurut kita, jadi terkesan lamban menangani laporan masyarakat, khususnya Tindak Pidana Korupsi (TPK),” ujarnya.

Sambung Capah, padahal sangat tegas UU Kejaksaan yakni UU No 16 Tahun 2004 Pasal 30 huruf d, di mana kejaksaan mempunyai tugas dan wewenang dalam melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan undang-undang.

Selain itu, kata dia, ketentuan Pasal 284 ayat (2) KUHAP Jo Pasal 17 Peraturan Pemerintah nomor 27 tahun 1983, Jaksa masih berwenang untuk melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu (tindak pidana khusus).

“Kalau dari ketentuan aturan secara eksplisit mengakui eksistensi Kejaksaan Republik Indonesia sebagai penyidik tindak pidana korupsi dan menugaskan Kejaksaan untuk melakukan akselerasi dalam pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme,” katanya.

Namun demikian, dengan adanya aturan tersebut tidak membuat kajari Didik menjalankan tugas dengan baik dan profesional. “Banyak kasus-kasus yang terjadi seperti manipulasi kegiatan yang menyertakan pihak ketiga sama pembangunan. Tapi tidak ada laporan kita yang ditangani,” bebernya.
Dia mengaku, menyambut baik terkait rencana pemindahan Kejari Bekasi. ”Ya kalau diganti itu lebih bagus. Semoga penggantinya lebih baik lagi dari yang sekarang. Karena, Kajari Bekasi saat ini minim prestasi,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Kejari Bekasi Didik Istiyanta mengakui apabila dalam waktu dekat dirinya akan dipindahkan. “Betul pak sesuai informasi yang tepat. Dalam waktu dekat saya bakal dipindah,” ujarnya melalui pesan singkat. (and)


loading...

Feeds