Kabupaten Bekasi Kekurangan 5.500 Titik PJU

BUTUH PJU: Di sepanjang jalan utama di Desa Cicau, Cikarang Pusat masih minim PJU.FOTO:DOKUMENTASI/RADAR BEKASI

BUTUH PJU: Di sepanjang jalan utama di Desa Cicau, Cikarang Pusat masih minim PJU.FOTO:DOKUMENTASI/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – Kabupaten Bekasi disebut masih kekurangan sekitar 5.500 titik Penerangan Jalan Umum (PJU). Kekurangan itu berdasarkan master plan lima tahun ke depan hingga 2019 mendatang.

Pemerintah daerah dinilai berkewajiban memenuhi target sebanyak 10 ribu titik PJU untuk di seluruh jalan di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

Kabid PJU pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bekasi, Juniardiana Rosatijawan, mengatakan jumlah PJU saat ini baru mencapai 4.500 titik yang tersebar di berapa kecamatan.

“Jadi belum menyeluruh semuanya, sekarang juga belum 50 persen dari yang ditargetkan 10 ribu PJU, makanya masih banyak kecamatan yang desanya belum ada PJU,” katanya.

Atas alasan itu, DKP akan mengajukan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk membangun PJU di 1.500 titik. Pengajuan anggaran itu akan dilakukan di 2017.

“Jumlahnya akan bertambah menjadi 6.000 titik dan Insya Allah bisa memenuhi target 10 ribu titik lampu di tahun 2019,” ucapnya.

Kata Juniardiana, PJU yang akan dipasang nantinya menggunakan teknologi LED. Menurutnya penggunaan lampu LED untuk PJU akan menghemat biaya tagihan listrik ke PLN. Karena selama ini, kata dia, tagihan listrik pemerintah daerah cukup besar.

“Supaya hemat memang harus pake LED yang juga ramah lingkungan dan penggantiannya cukup lama dibandingkan dengan TL atau yang lain,” ujarnya.

Salah satu titik yang akan dipasang PJU pada tahun depan yakni di sepanjang Jembatan Tegaldanas, Cikarang Pusat.

“Makanya akan ada penambahan PJU lagi tahun 2017, di antaranya untuk yang di Tegaldanas juga,” ucapnya. (dho)


loading...

Feeds

Ilustrasi PJU.

Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak …