Horee..PR Bakal Dihapus?

Ilustrasi Siswa di Kota Bekasi

Ilustrasi Siswa di Kota Bekasi

POJOKJABAR.com, BEKASI – Kabar gembira bagi para pelajar khususnya di Bekasi. Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana akan mengeluarkan kebijakan bagi guru agar tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) bagi siswa.

Meskipun kebijakan tersebut baru sebatas rencana, namun sudah menuai pro-kontra di kalangan tenaga pendidik di Kota Bekasi. Sejumlah guru mengaku setuju dengan rencana tersebut, namun tidak sedikit yang menolak.

Kepala Sekolah SMPN 6 Kota Bekasi Dwi Kusdinar, misalnya. Dia mengaku setuju dengan rencana tersebut. Menurutnya, PR dinilai akan  membebani siswa setelah pulang sekolah.

“Saya sangat setuju jika memang Kemendikbud berencana menghilangkan PR untuk siswa, karena menurut saya siswa harus mendapatkan palajaran tuntas di sekolah, jangan sampai siswa setelah mereka pulang malah mendapatkan beban pelajaran yang mengakibatkan mereka tidak akan fokus kepada pelajaran tersebut,” ujarnya.

Seharusnya, kata Dwi, setelah KBM siswa bisa berkreasi sesuai dengan kemampuan mereka. “Coba kalau kita lihat jika ada siswa yang tidak mengerjakan PR, mereka akan tidak masuk sekolah karena mereka takut akan terkena sanksi,” ungkapnya.

Hal yang berbeda di ungkapkan oleh Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Bekasi Agus Enap. Menurutnya PR bukan menjadi beban siswa. Tetapi melatih siswa agar memiliki rasa tanggung jawab.

“Saya justru mempunyai kesimpulan, bahwa PR yang diberikan oleh guru adalah latihan sebagai tanggung jawab. Selain itu juga, dengan di berikan PR mereka akan bisa menambah wawasan dalam pelajaran yang diberikan oleh guru yang ada di masing masing sekolah,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mendukung rencana penghapusan PR bagi siswa. Meskipun begitu, dukungan Kemendikbud terhadap penghapusan tugas PR terasa tidak total. Sebab, Kemendikbud tidak akan mengeluarkan kebijakan penghapusan PR secara nasional. Dia meminta guru tetap diberi keleluasaan menerapkan model pembelajaran. (ran)


loading...

Feeds

Ilustrasi PJU.

Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak …