Peserta UN SLB Tan Miyat Menurun

UJIAN SEKOLAH : Dua siswa SMP LB  Tan Miyat saat mengikuti ujian sekolah (US) kemarin. Sedangkan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dilaksanakan pada Mei mendatang. GIRI/RADAR BEKASI

UJIAN SEKOLAH : Dua siswa SMP LB Tan Miyat saat mengikuti ujian sekolah (US) kemarin. Sedangkan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dilaksanakan pada Mei mendatang. GIRI/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, BEKASI – Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di SLB A Tan Miyat Bekasi pada tahun ini bakal menurun dibandingkan tahun 2014 lalu. Tahun ini, dipastikan hanya ada dua peserta, sementara tahun sebelumnya ada lima peserta.

Mereka merupakan siswa berkebutuhan khusus (tuna netra), sehingga saat mengerjakan soal ujian akan menggunakan alat bantu braille. Saat ini, mereka sedang melaksanakan Ujian Sekolah (US) sejak senin (13/4) kemarin.

“Tahun ini peserta US-nya hanya dua orang dan bila dibandingkan tahun lalu yang berjumlah lima orang, ada sedikit penurunan,” kata Kepala Sekolah SLB A Tan Miyat Bekasi, Elin Herlina.

Dua siswa tersebut, dalam pelaksanaan US diawasi dua orang pengawas. Selain mengawasi siswa, pengawas juga membacakan satu per satu soal yang di ujikan. “Ruangannya yang dipakai hanya satu dan pengawas yang menjaga juga bertugas membacakan soal-soal ujiannya,” jelas Elin.

Setelah dibacakan soal-soalnya, mereka lalu menjawabnya pada lembaran khusus dan dibantu dengan sebuah alat pencetak huruf braille. “Waktu ujiannya mulai pukul 07.30-09.30,” katanya.

Untuk soalnya, Elin mengaku, pihaknya menyusun soal-soal tersebut untuk diajukan kepada gugus depan di sekolahnya. Kemudian setelah melalui proses verifikasi, soal-soal tersebut dibawa ke pusat untuk ditelaah yang kemudian diverifikasi kembali ke sekolah.

“Setelah dinyatakan layak, baru soal-soal tersebut masuk ke dalam UN dan bentuk soalnya pun bervariasi mulai dari pilihan ganda dan esai dengan jumlah soal pilihan gandanya sebanyak 40 buah dan esai 5 buah,” paparnya.

Sedangkan  mata pelajarannya yang diujikan mulai yakni pada 13 April agama-PPKN, 14 April Bahasa Indonesia dan IPA, 15 april Bahasa Sunda dan IPS,16 April Matematika dan Penjaskes, 17 April Bahasa Inggris dan Seni budaya18 April Orientasi Mobilitas. Sementara UN ditingkat SMP akan dilaksanakan pada 4 sampai 7 Mei mendatang. (gir)

Feeds