Perbakin Jabar Sentralisasi Pelatda Mei 2015

BIDIK : Atlet menembak Pelatda PON Jabar tengah berlatih di lapangan tembak Cimahi, Jawa Barat. ADISURYO/RADAR BEKASI

BIDIK : Atlet menembak Pelatda PON Jabar tengah berlatih di lapangan tembak Cimahi, Jawa Barat. ADISURYO/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, BEKASI – Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Jawa Barat (Jabar) menjadwalkan sentralisasi latihan bagi seluruh atlet Pelatda Mei nanti. Ketua Bidang Target Perbakin Jabar, Zaenal Saleh mengatakan, saat ini 43 atlet Pelatda menembak masih melakoni latihan di daerahnya masing-masing.

“Awalnya kami ingin menghelat sentralisasi latihan atlet Pelatda April ini. Namun, lantaran ada beberapa atlet yang masih ujian dan tengah mengurus kepindahan sekolah maka kita undur,” katanya.

Menurut dia, sebelum dikukuhkan tim Perbakin Jabar yang bakal tampil di PON XIX Jabar 2016 mendatang. Tim Pelatda akan menjalani beberapa tahapan, tahap pertama sudah dimulai Januari-Juni 2015 nanti. Sedang tahap kedua dilaksanakan Juni–Desember, dan tahap ketiga merupakan tahap akhir atau tahapan penentu atlet yang masuk tim PON Jabar. Yakni, mulai Desember 2015 hingga Maret 2016.

“Tim inti menembak PON akan dibentuk Maret hingga satu bulan menjelang PON berlangsung, ujar Zaenal.

Ke 42 atlet Pelatda tersebut merupakan hasil bidikan tim monitoring Perbakin Jabar yang terdiri dari beberapa daerah di Jabar. Diantaranya, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, dan Kota Bandung. Sentralisasi rencananya akan dilaksanakan di lapangan menembak Cisangkan, Cimahi.

Dalam proses sentralisasi para atlet Pelatda  juga akan rutin mengikuti di berbagai kejuaraan menembak. Terakhir mereka mampu mengantarkan Jawa Barat sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak antar klub 2015 di Jakarta 23-29 Maret kemarin.

Di Kejurnas tersebut Jabar sukses meraih 11 medali emas, tiga medali perak dan enam medali perunggu. Sebelumnya tim menembak Jabar juga menjadi juara umum di Kejurnas Awong Farouk Cup pada September 2014 lalu. Di Kejurnas tersebut Jabar menurunkan 120 atlet dari beberapa klub di Jabar. Sementara untuk atlet Pelatda sendiri ada 42 atlet yang ikut serta.

“Tren yang sangat bagus diperlihatkan atlet Jabar dan semoga tren ini terus bertahan hingga PON XIX mendatang,” ujarnya.

Deretan prestasi tersebut semakin membuat Zaenal optimis tim menembak Jabar bisa mencapai kesuksesan dalam meraih target medali emas di PON XIX 2016 mendatang. “Melihat semua hasil di berbagai event Kejurnas dirinya yakin tim bakal mewujudkan  target minimal tujuh emas. Dengan begitu, kami bisa turut membantu kontingen menuju Jabar Kahiji,” tandas Zaenal menutup wawancara dengan Radar Bekasi. (asd)

Feeds