Kodim Ajak Masyarakat Waspadai Pergerakan ISIS

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Infanteri Nurdianto mengajak masyarakat untuk mewaspadai pergerakan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Pasalnya, beberapa waktu lalu terduga pengikut paham radikal tersebut ditangkap tim Densus 88 Anti Teror di Tambun Selatan.

Peningkatan kewaspadaan di kalangan masyarakat itu disampaikan Nurdianto seusai cara lepas sambut pergantian Dandim yang sebelumnya diemban oleh Letkol Infanteri Zainul Bahar di Makodim 0509/Kabupaten Bekasi, Jumat (10/4).

“Indikasinya ada, saya tidak bisa mengatakan banyak tapi kami tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan pemerintah,” ungkapnya.

Dalam upaya menangkal pergerakan ISIS di Kabupaten Bekasi, kegiatan intelijensi tetap diperketat, termasuk antisipasi dengan kegiatan patroli keamanan.

Dijelaskannya, di bawah instruksi Kodim 0509, anggota Sub Garnisun melakukan pengamanan di setiap titik wilayah. Bintara Pengumpul (Bapul) bertugas mengumpulkan informasi yang ada di lapangan. Dari data yang dikumpulkan tersebut, data dan informasi kemudian ditampung dan disesuaikan dengan kondisi yang ada di tengah masyarakat.

“Dari kekuatan 640 anggota, kita punya 21 intelijen yang kami sebar dan kami terus latih untuk meningkatkan kemampuannya,” katanya.

Selain melakukan pengamanan dan peningkatan kewaspadaan situasi keamanan, pihaknya juga mengaku akan melanjutkan program yang sebelumnya sudah berjalan. Di antaranya adalah dalam sosialisasi swasembada pangan yang dikerjasamakan antara pemerintah dengan TNI.

“Program dari pemerintah pusat dan TNI memang untuk mendukung terwujudnya swasembada pangan, kita memberikan pengarahan juga kepada petani dalam hal ini,” tuturnya. (mas)

Feeds