Soal UN tanpa Dikawal Kepolisian

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSATU.id, BEKASI – Pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) di Kota Bekasi pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya, distribusi soal mendapat pengawalan dari aparat kepolisian, namun tahun ini hanya anggota dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Latif Nurbana. Menurutnya, tahun ini tidak ada himbauan dari pusat jika soal UN harus dikawal oleh aparat kepolisian.

“Jika tahun sebelumnya memang ada imbauan dari pusat, namun untuk sekarang tidak ada. Pengawalan dan pengawasan akan melibatkan personil dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi,”katanya saat dihubungi Radar Bekasi.

Dikatakan Latif, pengawalan soal UN tersebut mulai dari kedatangan di setiap rayon hingga pendistribusian ke sekolah-sekolah. Kendati demikian, pihaknya menjamin keamanan dokumen Negara tersebut.

“Kami melibatkan banyak anggota untuk menjaga, selain itu akan dibantu oleh pihak sekolah. Insya Allah tetap aman, kita berdoa saja agar tidak ada hal yang tak diinginkan,” tutur pria berkumis tipis ini.

Dia mengaku, soal UN akan datang pada Sabtu (11/4) besok sekitar jam 13.00. Sementara sore harinya, soal langsung didistribusikan ke sekolah-sekolah. ”Siang datang, sorenya langsung dikirim ke sekolah,” imbuhnya.

Pendistribusian soal, lanjut Latif, akan melalui rayon sekolah. Di tingkat SMA, menurutnya ada empat rayon sekolah yakni di SMAN 2, SMAN 4, SMAN 5, dan SMAN 6 Bekasi. Sedang untuk naskah soal dan lembar jawab tingkat SMK, didistribusikan di empat sub rayon, yaitu di SMKN 1, SMKN 3, SMK Karya Guna 2 dan SMK Wisata Bekasi.

“Untuk tingkat MA, sub rayon hanya ada dua, yaitu di MAN 1 dan MAN 2 Bekasi. Besok akan dikirim serentak, mulai dari SMA, SMK dan MA,” tandasnya. (mif)

Feeds