Revitalisasi dan Bangun Terminal Butuh Rp40 M

PENUH : Bus tampak berjejalan di dalam Terminal Bekasi. Dishub berencana akan melakukan penataan di terminal tersebut. RISKY/RADAR BEKASI

PENUH : Bus tampak berjejalan di dalam Terminal Bekasi. Dishub berencana akan melakukan penataan di terminal tersebut. RISKY/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, BEKASI– Dalam penataan lalu lintas dan kendaraan umum, Dinas Perhubungan memiliki dua agenda. Yakni perluasan Terminal Bekasi serta pembangunan terminal di Pondokgede. Untuk itu, Dishub mengaku sudah mengajukan anggaran Rp40 miliar ke Pemrov dan Departemen Perhubungan.

Kasubnit Pengendalian dan Operasional Terminal Bekasi, E Setiono, mengatakan, kondisi terminal setiap hari disesaki 400 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan  Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Belum lagi ditambah dengan 100 angkot.

”Oleh sebab itu, memang perlu penataan terminal. Kantor terminal akan dibangun tiga lantai  yang nantinyan untuk  kantor terminal, PO, kantin dan penjualan oleh-oleh khas Bekasi,” terangnya pada Radar Bekasi, kemarin.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sopandi Budiman mengatakan, perencanaan penataan Terminal Bekasi  dan pembangunan Terminal Pondokgede sudah diajukan ke Pemprov dan Kemenhub. Pihak Dishub dalam proyek itu mengusulkan anggaran Rp40 miliar. Yakni dengan perincian Rp20 miliar untuk penataan Terminal Bekasi dan Rp20 miliar untuk pembangunan Terminal Pondokgede.

”Ya pengajuan ini sudah kita lakukan ke Pemerintah Provinsi Jabar dan Kementrian Perhubungan. Yang di mana memang di sana ada anggaran khusus untuk penataan terminal,” terangnya.

Menurut Sopandi ada keuntungan yang  bisa didapat jika dua proyek tersebut terealisasi. Selain bisa mengatasi kesemrawutan lalu lintas, keberadaan terminal baru juga bisa menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebagai tambahan informasi, saat ini Terminal Bekasi memiliki target PAD sebeser Rp1,6 miliar.

”Dengan adanya dua terminal yang representatif ini, kita juga bisa mengendalikan angkutan umum yang suka ngetem di wilayah Pondokgede, dan di seputaran Terminal Kota Bekasi. Jadi manfaatnya juga banyak, untuk ketertiban lalu lintas, dan untuk meningkatkan PAD. Saat ini kita juga sudah melakukan penataan perencanaan pembangunan Terminal Pondokgede. Dan kita upayakan pelaksanaan pembangunan tersebut di tahun 2016,” pungkasnya. (and)

Feeds