Harga Tomat Naik Rp2 Ribu

MAHAL : Harga tomat kini mulai merangkak naik. Di Tambun Utara, harga tomat mengalami kenaikan Rp2 ribu perkilogramnya. Azzi/RADAR BEKASI

MAHAL : Harga tomat kini mulai merangkak naik. Di Tambun Utara, harga tomat mengalami kenaikan Rp2 ribu perkilogramnya. Azzi/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, TAMBUN UTARA – Harga-harga kebutuhan pokok perlahan mulai merangkak naik. Setelah beras dan cabai, kini giliran harga tomat yang juga mulai mengalami kenaikan.

Di pasar tradisional, di Kampung Gabus, Tambun Utara, harga tomat mengalami kenaikan Rp2 ribu perkilogramnya. Jika sebelumnya Rp8 ribu perkilogram, kini di pasar tersebut harga tomat dibanderol Rp10 ribu.

Muspi (24), pedagang di Pasar Gabus membenarkan kalau tomat mengalami kenaikan harga. Kondisi itu tidak hanya membingungkan pembeli, namun pedagang pun, kata dia, ikut kesulitan dalam menentukan harga jual.

“Sekarang tomat yang naik ini (harganya), jadi pusing saya,” katanya.

Menurut dia, mahalnya harga tomat karena pasokannya yang berkurang. Ia juga membantah kalau kenaikan harga itu hanya spekulasi pedagang untuk menari keuntungan semata.

“Bukan saya aja yang naikan harga, beberapa teman yang jual sayur-sayuran seperti saya juga naik, katanya sih karena pasokan ke Pasar Babelan-nya berkurang, makanya jadi naik, soalnya kita semua juga kan ambil tomat sama sayuran yang lain ke Pasar Babelan,” terangnya.

Selain tomat, menurut Muspi, untuk harga jenis sayuran lain masih stabil. Bahkan cabai dan bawang yang sebelumnya mengalami kenaikan, kata dia, kini harganya justru kembali normal.

“Kalau yang lain seperti kacang panjang, sawi-sawian masih stabil semua, tomat aja ini yang naik, ya semoga aja gak ikut-ikutan naik lah, bingung kita mau jual berapa soalnya nanti,” ungkapnya. (cr24)

Feeds