Dishub Ingin Bentuk Dewan Transportasi

TRAYEK ANGKOT : Keberadaan dewan transportasi ke depan untuk memberikan masukkan pada Dishub soal penataan angkot di Kota Bekasi. RISKY/RADAR BEKASI

TRAYEK ANGKOT : Keberadaan dewan transportasi ke depan untuk memberikan masukkan pada Dishub soal penataan angkot di Kota Bekasi. RISKY/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, BEKASI- Dinas Perhubungan (Dishub) memandang penting untuk membentuk dewan transportasi. Keberadaan dewan transportasi nantinya sebagai penampung aspirasi masyarakat sekaligus menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan transportasi di Kota Bekasi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sopandi Budiman kepada Radar Bekasi, kemarin.”Ya kita akan upayakan membentuk  dewan transportasi di Kota Bekasi pada tahun ini. Di mana keberadaan dewan transportasi sangat penting untuk membatu kinerja dari Dishub. Dan nantinya lembaga tersebut akan diisi tokoh masyarakat, Organda, pengusahan angkot, akademisi, dan orang yang berkompenten pada persoalan angkutan umum. Sehingga apabila ada kenaikan soal tarif semua kalangan yang berkepentingan bisa bermusyawarah,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Organda Kota Bekasi Hotman Pane menilai keberadaan dewan transportasi belum diperlukan di Kota maupun Kabupaten Bekasi.  Alasannya, keberadaan dewan transportasi di wilayah lain kurang maksimal dalam melakukan pengawasan. Ketimbang membentuk dewan transportasi, dia memilih untuk mendukung pembentukan forum lalu lintas.

“Ya apabila memang pemerintah mau membentuk dewan transportasi kita mendukung saja. Tetapi kalau kita dari Organda menilai adanya dewan transportasi yang sudah ada seperti di Provinsi DKI Jakarta masih kurang berkontribusi dalam pengawasan. Sehingga yang dibutuhkan di Kota Bekasi sebenarnya forum lalu lintas,” bebernya.

Sebelumnya, dukungan pembentukan dewan transportasi disuarakan anggota DPRD Arwis Sembiring. Menurutnya dewan transportasi dibutuhkan untuk memberikan masukan soal penataan trayek angkutan hingga tarif angkot yang tidak memberatkan masyarakat.  (and)

Feeds