Data Valid untuk Bujuk Binter

AKURASI : Anggota TNI di wilayah Korem 051/Wkt melakukan akurasi data untuk Bujuk Binter. KOREM for RADAR BEKASI

AKURASI : Anggota TNI di wilayah Korem 051/Wkt melakukan akurasi data untuk Bujuk Binter. KOREM for RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, CIKARANG UTARA – Seluruh satuan wilayah TNI harus memiliki data yang valid dan akurat mengenai penyelenggaraan teritorial sebagai pedoman prajurit di lapangan. Hal itu disampaikan oleh Plh Kasi Ter Korem 051/Wkt Mayor Infanteri Mistar saat membacakan sambutan tertulis Danrem 051/Wijayakarta, Kolonel Inf Suharyanto, ketika menerima kunjungan tim dari Pusterad di Aula Wijayakarta, Rabu (8/4).

Dia menjelaskan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka melakukan pengumpulan data Kajian Buku Petunjuk Pembinaan Teritorial (Bujuk Binter) di wilayah Korem 051/Wijayakarta. “Fenomena perkembangan lingkungan strategis dalam era globalisasi saat ini telah memberikan dampak terjadinya perubahan pesat,” katanya.

Dengan demikian, perubahan itu juga cepat mempengaruhi tata nilai dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal itu menurutnya, menjadi sebuah tantangan bagi aparatur satuan komando wilayah untuk menemukan solusi terbaik dalam pelaksanaan pembinaan teritorial ke depan.

Dalam sambutan itu, Danrem juga berharap agar hasil dari evaluasi yang dilakukan selanjutnya harus dicermati kembali dan dilakukan optimalisasi pengumpulan data perkembangan situasi dan ketahanan kondisi sosial wilayah.

Pembinaan teritorial, lanjutnya adalah fungsi utama TNI AD, sesuai doktrin Kartika Eka Paksi dengan kegiatan penyelenggaraan, pengembangan, pengarahan dan pengendalian potensi wilayah pertahanan dengan segenap aspeknya. Hal itu menjadi kekuatan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara khususnya di darat.

“Kegiatan itu juga dilakukan secara terus menerus sesuai dengan dinamika perkembangan zaman,” tuturnya.

Pengumpulan data kajian Binter dilakukan dengan sasaran responden diberikan pertanyaan mengenai persoalan relevansi pelaksanaan Binter di satuan dan dihadapkan dengan Bujuk yang dikeluarkan dari Pusterad. (mas)

Feeds