Budidaya Jamur Merang Menguntungkan

MENGUNTUNGKAN : Budidaya jamur merang mampu panen dua kali dalam sekali pembibitan. Hal itu menjadi salah satu keuntungan bagi pembudidaya-nya. Azzi/RADAR BEKASI

MENGUNTUNGKAN : Budidaya jamur merang mampu panen dua kali dalam sekali pembibitan. Hal itu menjadi salah satu keuntungan bagi pembudidaya-nya. Azzi/RADAR BEKASI

POJOKSATU.id, SUKATANI – Usaha budidaya jamur merang memiliki keuntungan yang menjanjikan. Asalkan, mengerti cara dan mengetahui kebutuhannya.

Nasa (38), salah seorang pembudidaya jamur merang mendapatkan keuntungan besar ketika panen. Lelaki yang tinggal di Kampung Ceger, Desa Sukaasih ini mengakui kalau budidaya yang ditekuninya itu sangat menjanjikan.

Namun untuk menghasilkan jamur merang yang berkualitas dan layak jual, kata dia, harus mengetahui kebutuhannya, yakni kelembaban. Sedangkan salah satu kebutuhan dari jamur tersebut ialah harus selalu dicek.

“Pasar jamur merang sebenernya gak akan mati, menjanjikan banget kok, bahkan kita kekurangan pembudidaya jamur merang, tapi ya gitu, budidaya jamur gampang-gampang susah, tidak asal lembab saja,” ujarnya.

Budidaya jamur merang bisa dua kali mengalami masa panen dalam satu kali pembibitan. Menurut Nasa, hal itu lah yang menjadi salah satu keuntungannya.

“Cuma satu kali nyebar bibit aja kok, itu nanti bisa kita panen dua kali, dalam satu kali panen bisa mencapai satu kuintal, itu kalau 10 rak, gimana mau rugi coba,” ungkapnya.

Meski memiliki keuntungan, namun budidaya jamur merang tetap memiliki kendala. Kata Nasa, kendala yang kerap dialami seperti suhu kelembaban dan jerami sebagai media jamur yang terkadang sulit didapatkan.

“Selain kita harus menjaga kelembabannya, kita juga kerap kekurangan jerami, itu aja sih kendalanya, gak ada yang lain,” tuturnya. (cr24)

Feeds