4 Orang Terpapar HIV AIDS di Babelan

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSATU.id, BABELAN – Puskesmas Babelan mendapati empat orang terpapar HIV AIDS. Empat orang tersebut diketahui terpapar penyakit tersebut pada Maret lalu.

Kepala Program Vicity Puskesmas Babelan I, Asep mengatakan, banyak pandangan buruk dari masyarakat tentang orang terpapar HIV ADIS. Padahal, penularan penyakit tersebut tidak seperti yang disebutkan masyarakat awam.

“Memang benar, ada saja yang menganggap seperti itu, padahal tidak seperti itu, hanya orang yang berpengetahuan rendah yang anggap seperti itu, gak banyak baca itu mereka,” ujarnya.

Menurut Asep, virus HIV AIDS tidak akan menyebar, meskipun orang menggunakan gelas yang sama digunakan oleh orang terpapar penyakit tersebut. Bahkan sendok yang digunakan orang terpapar HIV AIDS, kata dia, tidak bisa menularkan penyakit tersebut.

“Kecuali kalau si pengidap ada luka, temannya juga ada luka, terus nempel, lalu misalkan itu udah menyebar virusnya, soalnya ada akses untuk menyebarkan, tapi kalau sama-sama tidak ada luka, seharusnya aman-aman saja,” terangnya.

Masih dikatakan Asep, HIV AIDS disebut penyakit mematikan karena hingga kini belum ada obat untuk penyembuhan si penderitanya. Oleh sebab itu, ia mengimbau agar masyarakat menjauhi penyebab penyakit tersebut, dan bukan menjauhi penderitanya.

“Obat sembuhnya kan belum ketemu, jadi marilah kita pahami sebab-sebab penyebarannya, jangan cuman mikir seperti begitu aja dan support mereka yang jadi penderita, bukan justru menjauhi mereka,” tuturnya. (cr24)

Feeds