Heran Ada Puskesmas di Kawasan Industri

Muhyidin

Muhyidin

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi mendapatkan bantuan berupa gedung Puskesmas dari Pemerintah Korea Selatan. Rencananya, pemberian tersebut bakal diserahterimakan hari ini, Rabu (8/4) melalui Kementerian Dalam Negeri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Muhyidin mengatakan, bantuan gedung Puskesmas itu berlokasi di Kawasan Industri Delta Silikon, Cikarang Selatan.
Kemungkinan besar, gedung tersebut diperuntukan pelayanan kesehatan para karyawan perusahaan.
“Bantuannya bukan uang tapi kita terima bangunan yang sudah jadi yang diserahterimakan. Lokasinya di kawasan Lippo,” kata Muhyidin, Selasa (7/4).

Dalam teknis operasionalnya, sambung Muhyidin, pemerintah daerah menyerahkan kepada Dinas Kesehatan sebagai pemilik kewenangan dalam hal tersebut. Ketentuan pemanfaatan gedung kesehatan itu sebagai Puskesmas dilakukan oleh dinas terkait termasuk dalam pembentukan Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD).

“Nanti tinggal diisi tenaga medisnya termasuk fasilitas pendukung yang diperlukan,” ujarnya.

Meski merasa terbantu dengan pemberian gedung Puskesmas, namun Muhyidin mengaku keheranan. Pasalnya, pembangunan Puskesmas tersebut berada di dalam kawasan industri.

Menurut dia, jika dilihat dari lokasi gedungnya, maka kurang tepat. Karena dengan keberadaan Puskesmas di tengah kawasan industri, berarti pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat sekitar belum maksimal.

“Saya heran menempatkan lokasinya di situ, tapi kan sudah dibangun. Di lingkungan pabrik Lippo di bagian belakang yang jauh dari masyarakat,” ungkapnya. (mas)

Feeds