Pemkab Bangun RSUD Lagi

Print

POJOKSATU.id, CIKARANG PUSAT – Di tengah maraknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Kabupaten Bekasi, pemerintah daerah justru berencana membangun kembali rumah sakit serupa. Rencananya, rumah sakit daerah itu bakal ditempat di sejumlah titik yang dianggap strategis.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Muhyidin mengatakan, penambahan pembangunan RSUD berlokasi di wilayah yang jauh dari perkotaan. Alasannya, kata dia, agar menjangkau masyarakat secara luas.

“Jadi misalnya yang jauh dari Cabangbungin, atau Muaragembong tidak harus jauh ke Cibitung,” ujarnya.

Dari rencana itu, pembangunan RSUD yang sudah disiapkan berlokasi di Cabangbungin dengan perencanaan awal tipe B. Namun dalam proses pembangunan serta operasionalnya nanti, akan disesuaikan secara bertahap dari tipe C menjadi tipe B.

Rencana pembangunan rumah sakit daerah itu kini sudah memasuki tahap pembebasan lahan. Sedangkan Detail Engineering Design (DED) pembangunan rumah sakit tersebut, kata Muhyidin, sudah selesai dibuat.
“Diharapkan pada 2016 pembangunannya sudah bisa dimulai dengan anggaran APBD,” katanya.

Fasilitas yang bakal disediakan di rumah sakit daerah itu seperti adanya ruang rawat inap, ruang bersalin, hingga ruang operasi. Dengan percepatan pembebasan lahan dan dimulainya pembangunan pada tahun depan, diprediksi rumah sakit tersebut bisa diresmikan pada 2017.

“Jadi kalau bisa sebelum Bupati habis masa jabatannya, rumah sakit tersebut sudah bisa diresmikan,” katanya.
Masih dikatakan Muhyidin, selain pembangunan rumah sakit di Cabangbungin, peningkatan status Puskesmas Cibarusah juga bakal dilakukan. Sehingga, ke depannya Puskesmas tersebut bakal berubah menjadi rumah sakit daerah.

“Di wilayah Babelan juga nanti itu harus ada, karena selama ini lebih dekat ke wilayah Kota Bekasi jadi berobatnya ke sana,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi saat ini berupaya menggenjot pembangunan rumah sakit daerah untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari wilayah perkotaan. Namun, satu hal yang harus diperhatikan pemerintah daerah, selain pembangunan, pelayanan kesehatan pun harus diperbaiki. (mas)

Feeds