Telur Ayam Utuh Mahal, Pedagang Telur di Pasar Tradsional Kota Cimahi Jual Telur Pecah

ilustrasi telur ayam

ilustrasi telur ayam

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Sejumlah pedagang telur di Pasar Tradsional Kota Cimahi terpaksa menjual telur pecah. Hal itu merupakan imbas dari harga telur yang tak kunjung turun pascalebaran.

Para pedagang beralasan, karena omset yang didapat tidak sesuai harapan. Selain itu, pembeli pun lebih memili telur pecah ketimbang telur ayam utuh.

Saat ini, harga telur ayam pecah berada dikisaran Rp 1.000 sampai Rp 1.250 perbutir. Sedangkan harga telur ayam utuh dihitung perkilogram, dengan rata-rata harga jual Rp28 ribu.

Farid Supriyadi (39), penjual telur di Pasar Atas Barokah mengungkapkan seminggu belakangan ini kebanyakan pemilik warung makan lebih memili membeli telur ayam pecah darinya. Mereka beralasan sama yakni harga telur mahal.

“Kalo gini mah pembeli juga pasti milih yang murah,” kata Farid.

Kendati telur yang dijual cangkangnya sudah pecah, namun kualitas telur tetap sama. Hanya saja yang membedakannya keutuhan dari cangkangn telur tersebut.

“Cangkang telur yang pecah itu biasanya waktu dalam perjalanan dan pada saat penurunan barang. Itu pasti ada saja yang retak atau pecah,” tuturnya.

Harga Telur Ayam di Pasar Tradisional Kota Cimahi Masih Mahal

Dalam setiap satu ikat sedikitnya ada 10-15 telur yang pecah dan retak. Sementara pedagang rata-rata menyiapkan stok 50 sampai 60 ikat perhari.

Sementara itu, salah seorang pembeli Yani (39) mengaku lebih memilih telur pecah karena harganya lebih murah tapi kualitasnya sama.

“Saya mah gak masalah yang penting bisa kebeli telurnya. Kalau yang utuh mah saya jualan gak ada batinya,” ucap Yani yang mengaku berjualan warung nasi di Jalan Kolonel Masturi.

Menanggapi kenaikan harga telur ayam di pasar Kota Cimahi, Kepala Seksi Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind), Agus Irwan, mengungkapkan kenaikan harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Cimahi dipengaruhi oleh aliran distribusi dan kenaikan harga jual dari peternak.

“Kalau di Kota Cimahi ini mengikuti kenaikan harga telur di daerah lain, apalagi Kota Bandung. Kita tanya pedagang, juga karena stok telurnya berkurang, dan harga dari peternak juga naik,” ujarnya.

Dengan adanya kondisi seperti ini, kata dia, pihaknya akan melakukan pengecekan ke gudang telur sekaligus distributor utama yang lokasinya di Leuwigajah.

“Nanti kita cek ke gudangnya, sebab pedagang di pasar hanya menjual telur skala kecil,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)


loading...

Feeds

Scarlet

10 Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

BERHASIL menggeser Emma Stone, Scarlett Johansson berhasil menempati posisi teratas sebagai aktris dengan bayaran tertinggi. Scarlett mengantongin penghasilan sebesar USD 40,5 …