71 Nama Jalan di Kabupaten Bandung Barat Diganti

PERESMIAN: Plt Bupati KBB Yayat T Soemitra saat melakukan peresmian Jalan Ir Soekarno untuk menggantikan nama Jalan Raya Tangkubanparahu di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin. Ist

PERESMIAN: Plt Bupati KBB Yayat T Soemitra saat melakukan peresmian Jalan Ir Soekarno untuk menggantikan nama Jalan Raya Tangkubanparahu di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin. Ist

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Jawa Barat, kini harus mulai melupakan nama Jalan Raya Tangkubanparahu yang sudah begitu terkenal dan sangat melegenda.

Kenangan itu harus terkubur seiring dengan pergantian nama jalan yang identik dengan legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi tersebut menjadi Jalan Ir Soekarno. Pemkab Bandung Barat mengeluarkan keputusan penggantian sejumlah nama jalan yang selama puluhan tahun telah dipergunakan dan melekat dalam ingatan masyarakat.

Secara keseluruhan selain penggantian nama Jalan Raya Tangkubanparahu menjadi Jalan Ir Soekarno, total ada 71 ruas jalan baik jalan nasional, provinsi, ataupun kabupaten, di KBB, yang segera berganti nama.

Plt Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra mengatakan, pemberian nama jalan merupakan salah satu aplikasi terjemahan Pemda KBB dalam melaksanakan Spirit of Bandung.

Soekarno adalah nama sosok yang telah dikenal oleh dunia sehingga fasilitas umum harus disempurnakan dengan nama besar juga. Menurutnya, tidak perlu dikhawatirkan penggantian nama ini akan mengurangi kesakralan dan kebesaran Tangkubanparahu.

“KBB berhak untuk mewarisi semangat Bandung dan pemberian nama jalan. Jadi tidak perlu dikhawatirkan nama Soekarno ini akan mengurangi kebesaran Tangkubanparahu,” ucapnya kepada wartawan di Lembang, Jumat (13/7).

Hal itu seiring dengan terbitnya surat keputusan Bupati Bandung Barat Nonor : 188.45/Kep–Bag Tapem/2018, tentang Penetapan Pemberian Nama Jalan di Wilayah Kabupaten Bandung Barat yang ditandatangani Plt Bupati KBB Yayat T Soemitra.

Setelah peresmian Jalan Ir Soekarno di Lembang, KBB, Yayat mengatakan jika perubahan nama-nama jalan itu telah dibahas oleh sejumlah pakar dan tim selama tiga bulan.

“Di KBB ada 140 jalan nasional, provinsi, dan kabupaten. Saya bercita-cita nama-nama jalan di KBB bisa dibuat tematema tertentu dan per wilayah. Misalnya di Lembang pakai nama-nama kecamatan, di Parongpong pakai nama-nama bunga,” jelasnya.


loading...

Feeds

Pelatihan wirausaha kaum ibu di Bekasi Utara, Jumat (20/7/2018). (Foto: ist)

Ibu-ibu di Perwira Dilatih Berwirausaha

UNTUK memberikan keahlian kepada kaum perempuan untuk mandiri secara ekonomi kepada ibu-ibu diingkungan kelurahan Perwira RW 08, puluhan ibu-ibu PKK …
Salah satu penjual ponsel di BCP. (Foto: Yurizkha Aditya/PojokBekasi)

Oppo dan Xiaomi Laris Manis di BCP

SALAH satu produsen ponsel yang sedang naik daun di pasar seluler Indonesia adalah Oppo dan Xiaomi, hal tersebut disampaikan oleh Aidah …