DLH Kabupaten Bandung Barat Sidak ke Perusahaan Industri Nakal

Memeriksa: Seorang petugas sedang memeriksa Sungai Cihaur yang terkena oleh dampak limbah perusahaan, di Padalarang, beberapa waktu lalu. Ist

Memeriksa: Seorang petugas sedang memeriksa Sungai Cihaur yang terkena oleh dampak limbah perusahaan, di Padalarang, beberapa waktu lalu. Ist

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap delapan perusahaan industri di KBB yang diduga membuang limbah ke Citarum.

Seperti diketahui, ada delapan perusahaan di KBB yang telah menandatangani pakta integritas untuk memperbaiki pengolahan limbah dalamasa 3-4 bulan. Delapan perusahaan ialah, PT Senayan Sandang Makmur, PT Sinar Baskara Sejati, PT Hero Sekawan, PT Kencana Fajar Mulia, PT Central Texindo, PT Victory Pan Multitex, PT CGNP Mills, dan PT Daya Mekar Tekstindo.

Sementara sidak tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti kesepakatan bahwa kedelapan perusahaan tersebut akan memperbaiki pengolahan limbah. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko, bahwa hasil pantauan petugasnya akan segera dilaporkan ke tim provinsi.

Namun demikian, Apung menegaskan jika dari hasil laboratorium menunjukkan masih ada limbah yang di atas baku mutu, perusahaan tersebut akan dikenai sanksi lanjutan, berupa paksaan pemerintah.

“Jika ada perusahaan yang terbukti buang limbah B3, bisa saja nanti berlanjut ke pengadilan dan ditutup,” tegas Apung.

Adapun pada Rabu (11/7), dua perusahaan yakni PT Central Texindo dan PT Kencana Fajar Mulia di Batujajar menjadi target petugas dari DLH KBB dan tim Laboratorium Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung untuk mengambil sampel limbah pada outlet dan outpool untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

Berdasarkan pantauan wartawan, di PT Kencana Fajar Mulia di Batujajar, meskipun kadar PH menunjukkan progres dengan angka tujuh yang berarti masih dalam batas wajar. Namun, tetap kondisi limbah perusahaan tersebut masih keruh dan berbau.


loading...

Feeds