IPAL Enam Pabrik di Kota Cimahi Masih Buruk

Ilustrasi Pencemaran Lingkungan. Ist

Ilustrasi Pencemaran Lingkungan. Ist

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Hingga saat ini, sedikitnya 13 pabrik di Kota Cimahi saluran pembuangan air limbahnya telah dilakukan penutupan lantaran masih membuang limbah ke aliran sungai yang bermuara ke sungai Citarum.

Dari 13 pabrik yang saluran air limbahnya telah dilakukan penutupan tersebut, 7 pabrik diantaranya telah dibuka kembali karena telah memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Menanggapi hal tersebut, Walikota Cimahi, Ajay M Priatna mengaku, pihak pabrik di Kota Cimahi yang saluran pembuangan limbahnya ditutup Satgas Citarum Sektor 21 telah menuruti instruksi dari Satgas untuk melakukan perbaikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Ketika saluran pembuangan limbahnya sudah dibuka, berarti pihak pabrik sudah melakukan hal yang benar menurut Dansektor,” ujar Ajay, Rabu (11/7).

Sementara untuk sisa pabrik yang belum dibuka saluran pembuangan limbahnya, Ajay mengatakan, pemerintah Kota Cimahi terus melakukan pengawasan agar pihak pabrik yang lain benar-benar memperbaiki IPAL-nya.

“Kami juga sudah ketemu Apindo dan terus kita imbau karena adanya penutupan saluran pembuangan limbah itu seharusnya tidak ada lagi main-main. Pihak pabrik juga responnya sudah cukup baik,” katanya.


loading...

Feeds