Walikota Cimahi Berangkatkan 613 Pemudik Gratis

Ilustrasi Mudik Gratis.

Ilustrasi Mudik Gratis.

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan Kota Cimahi memberangkatkan 613 peserta mudik secara gratis melalui program ‘Mudik Gratis Lebaran 2018’ yang digelar di Cimahi, Selasa (12/06).

Sebanyak 12 bus diberangkatkan dengan tujuan Cimahi – Semarang via Cirebon dan Cimahi – Solo via Yogjakarta, itu dilepas langsung oleh Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana di lapangan apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kota Cimahi, Selasa (12/6).

Dalam acara tersebut turut hadir, Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, dan Dandim 0609/Kab Bandung Letkol Arh Andre Wira Kurniawan.

Total anggaran yang dikeluarkan Dinas Perhubungan Kota Cimahi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi mencapa Rp 148 juta, dari total pagu anggaran awal Rp 160 juta.

“Ke depan kita akan perbaiki lagi sistem dan mekanismenya,” tutur Ajay. Ajay M. Priatna mengatakan, tujuan program mudik gratis tersebut untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas. Dan juga sebagai bentuk kepedulian pemkot terhadap warganya.

“Mudik gratis angkutan lebaran ini merupakan yang kedua di Kota Cimahi. Karena momen lebaran ini momen ritual khusus menjadi acara tahunan,” Kata Ajay kepada wartawan, kemarin.

Menurut Ajay, peserta mudik gratis kali ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan pelaksanaan mudik gratis pertama tahun 2017 yang jumlahnya hanya 308 pemudik yang diangkut menggunakan delapan bus.

Saat mudik kali ini, Ajay mengimbau agar para pemudik yang berangkat dari Kota Cimahi tidak membawa sanak saudara bila kembali Kota Cimahi. “Kami himbau, kalau di sininya belum pasti bekerja, jangan bawa keluarga,” jelasnya.

Apalagi, kata Ajay jika orang yang dibawa ke Kota Cimahi saat arus balik itu tidak memiliki pekerjaan pasti di Kota Cimahi. Sementara itu Kapolres Kota Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara meyebutkan sejauh ini di wilayah hukumnya belum ada kecelakanan yang memakan korban jiwa.

“Ya kalau yang saling senggol mah ada,” terangnya. Dia juga menghimbau kepada para pemudik agar bisa saling menghormati selama di perjalanan. “Jaga kondisi fisik dan kendaraan selama mudik,” pungkasnya.

(RBD/cr4/pojokjabar)


loading...

Feeds