Hilal Dipastikan Terlihat Tanggal 16 Mei 2018, Lewat Ijtima Pasca Matahari Terbenam?

observatorium boscha

observatorium boscha

POJOKJABAR.com, BANDUNG- Hilal atau bulan sabit yang terbit pada tanggal satu bulan kamariah dipastikan besok Rabu (16/5) akan terlihat setelah Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kota Bandung melakukan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (15/5) petang.

Waduh… Hilal Tak Terlihat di Observatorium Boscha Bandung

Ketua BHR Kota Bandung, Maftuh Kholil mengatakan, hilal bisa terlihat saat berada di atas ufuk setelah matahari terbenam. Untuk bulan ini bisa diketahui hilal melalui ijtima setelah terbenamnya matahari atau sekitar pukul 18.43 WIB.

“Hilal bisa dipastikan besok terlihat, karena kalau sekarang belum. Artinya puasa bisa dikatakan dimulai pada Kamis 17 Mei 2018,” terang Maftuh.

Peneliti Observatorium Boscha, Agus Triono menambahkan, dengan kondisi berawan maka hilal tidak dapat terlihat dengan mata telanjang dan menggunakan teleskop. Ini dikarenakan konjungsi baru terjadi pada 18.43-18.48 WIB atau saat matahari terbenam.

Pasca Viral Surat Edaran Penetapan 1 Ramadhan, Viral Video Kontroversi Menag Jelang Sidang Isbat, Ternyata…

“Apa pun yang terlihat setelah matahari terbenam itu bukan hilal,” sebutnya.

(jar/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds

Gempita Nusantara

Unjuk Busana Daerah pada Gempita Nusantara

GRAND Metropolitan Bekasi menggelar acara yang didukung Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bertajuk Gempita Nusantara, Hal tersebut disampaikan oleh General Manager …