Satgas Pangan Inspeksi Mendadak, Harga Beberapa Komoditas Pangan Naik, Besarannya?

ilustrasi telur ayam

ilustrasi telur ayam

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Satuan Tugas (Sathas) Pangan Kabupaten Bandung Barat terdiri dari unsur Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan Polres Cimahi melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan bahan pokok di pasar panorama Lembang, Selasa (8/5).

Hasilnya, harga beberapa komoditas pangan terus naik, seperti daging ayam dari Rp 28-30 ribu per kilogram, kini sudah di angka Rp 34 ribu per kilogramnya, dan diperkirakan semakin naik saat Ramadhan hingga Rp 40 ribu per kilogram.

Dipimpin Pelaksana tugas Bupati, Yayat T Soemitra bersama jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, sidak menyisir pedagang tradisional penjual kebutuhan pokok di lantai bawah pasar.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Harga Pangan di Pasar Jagasatru Dipastikan Stabil, Detailnya?

Seorang pedagang di Pasar Panorama Lembang, Eneng (52) mengaku biasanya menjual daging ayam dengan harga Rp 28-30 ribu perkilogram. Tetapi, saat ini terpaksa menjualnya dengan harga Rp 36 ribu perkilogram.

“Kenaikan harga daging ayam sudah sejak satu minggu lalu. Gak tahu karena gak ada ayamnya atau permainan bandar. Biasanya kosong stok,” ujarnya.

Kenaikan harga daging ayam ini, kata Eneng berdampak pada pembeli berkurang. Sedangkan komoditas telur mengalami kenaikan dari Rp 20 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogramnya.

Baca juga: Begini Pengakuan Pedagang Pasar Cibinong Soal Kenaikan Harga Pangan

Plt Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra mengungkapkan gejolak harga menjelang puasa dan lebaran dari hasil sidak tak terlalu tinggi, meskipun per harinya beberapa komoditas sudah ada yang naik.

“Paling tinggi itu naiknya telur ayam. Lalu, ada juga komoditas lain yang sudah naik tapi masih kecil kenaikannya, seperti minyak goreng, gula merah, dan bumbu-bumbu, sementara beras harga stabil,” katanya.

(bon/rmol/pojokjabar) 


loading...

Feeds